Brooke Shields Pernah Terkena Kanker Kulit, Kini Selalu Oleskan Tabir Surya

Oleh Henry pada 09 Jun 2021, 10:03 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 10:03 WIB
Pernah Kena Kanker Kulit, Brooke Shields Tak Pernah Lepas dari Tabir Surya
Perbesar
Pernah Kena Kanker Kulit, Brooke Shields Tak Pernah Lepas dari Tabir Surya. (dok.Instagram @brookeshields/https://www.instagram.com/p/CPjWuWnnJgo/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris senior Brooke Shields didiagnosis menderita Solar Keratosis dalam sebuah pemeriksaan rutin tahunan. Solar Keratosis atau Actinic Keratosis adalah diagnosis kanker yang paling umum, yang disebabkan oleh paparan sinar UV dalam jangka panjang.

Dokter pribadinya lalu mengangkat sel dari bibir Brooke Shields dua kali untuk menentukan diagnosis. Tes kedua menunjukkan diagnosis pra-kanker, yang kalau tidak ditangani bisa berubah menjadi kanker kulit. Namun tak hanya satu, masih ada beberapa titik kecil lain yang juga harus diperiksa.

[bacajuga:Baca Juga](3118841 4576989 4576562

Bintik tersebut merupakan hasil dari 30-40 tahun yang lalu. Untungnya, itu bukan hal yang mengkhawatirkan dan bisa teratasi. Brooke pun kini menyadari perawatan kulit preventif sangat penting.

Dilansir dari Elle, 8 Juni 2021, Brooke Shields berasal dari era di mana orang mengoleskan minyak pada kulit dan berjemur di bawah sinar matahari. Wanita berusia 56 tahun itu mengaku tidak pernah dididik tentang keseriusan kanker kulit, jadi tidak mengenal pencegahannya. Saat remaja, dia juga tidak pernah menggunakan tabir surya karena itu akan menghalangi mendapatkan kulit cokelat yang diinginkan.

"Aku dulu sering berpikir mandi matahari adalah hal terbaik di dunia. Aku dan semua teman wanitaku naik ke atap di New York, kita tidak melakukannya di pantai," kenangnya.

Brooke juga tak pernah tahu bahayanya kanker kulit sebagai salah satu jenis kanker paling umum di Amerika Serikat. "Saya benar-benar terkejut dan sangat memalukan karena tidak menghiraukannya. Saya selalu berpikir saya telah merawat kulit saya. Menjaga agar tetap bersih, terhidrasi, dan semua hal yang Anda yakini telah dilakukan dengan benar," ucapnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kecantikan Alami

Brooke Shields
Perbesar
Brooke Shields (Official Facebook Page)

Sejak saat itu sampai saat ini, Brooke menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan di musim dingin. "Saya selalu mengaplikasikannya di pagi hari dan satu kali di siang hari. Saya bahkan menggunakan lapisan tipis sebelum meletakkannya di alas bedak saya," kata dia.

Brooke juga mengharuskan anak-anaknya yang kini masing-masing berusia 17 dan 14 tahun memakai tabir surya, tapi tidak mudah. Anak-anaknya yang berdarah Italia dan Irlandia juga ingin memiliki kulit agak gelap seperti dia.

Pelajaran lain yang diajarkan Brooke Shield bersama sang suami Chris Henchy tentang kecantikan kepada anak-anaknya adalah merangkul kecantikan alami dalam diri masing-masing anak.

"Saya pikir penting bagi anak-anak untuk tidak melupakan bahwa kita semua cantik apa adanya dan harus bisa percaya diri tanpa bantuan kosmetik," tuturnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Efek Sinar Matahari

Pernah Kena Kanker Kulit, Brooke Shields Tak Pernah Lepas dari Tabir Surya
Perbesar
Brooke Shields dan putrinya. (dok.Instagram @brookeshields/https://www.instagram.com/p/CPwAyO5HprH/Henry)

Ia menambahkan, salah satu kesalahpahaman yang dimiliki orang tentang penggunaan tabir surya adalah mereka pikir hanya perlu memakainya pada hari-hari cerah di musim panas.

"Ada semacam pertarungan antara membutuhkan vitamin D dan tetap melindungi diri Anda dari sinar yang merusak. Tabir surya dapat menyelamatkan kulit Anda dan menghindarkan Anda dari kerusakan di masa mendatang," terangnya.

Dari pengalamannya, Brooke ingin memberitahu publik bahwa efek merusak dari sinar matahari itu nyata. Jadi, jika ingin menikmati sinar matahari, lindungi kulit dan ajari anak-anak.

"Persiapkan dan rawat kulit Anda. Ini seharusnya bukan menjadi pekerjaan rumah. Ini harus dilihat sebagai bagian dari rutinitas kecantikan," pungkas Brooke Shields.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hidup Sehat Hindari Kanker

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Perbesar
Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓