Sukses

Mengumpulkan Sampah Anorganik Bisa Dapat Uang Digital, Bagaimana Caranya?

Selain dapat uang digital, sampah anorganik Anda juga dapat diangkut gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara digencarkan dalam upaya menekan jumlah sampah, termasuk sampah anorganik. Semangat ini pula yang disuarakan lewat program bertajuk "Kami Jemput Sampahmu".

Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menyebut, program penjemputan sampah anorganik kolaborasi MRT Jakarta dan Rekosistem ini dilaksanakan dalam momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Juni 2021.

"Program ini sekaligus kita trial dulu mau lihat animonya, seperti apa implementasinya, karena baru pertama kali kerja sama untuk mengadakan program seperti ini. Jadi, kita sambil evaluasi juga," kata Tomo saat dihubungi Liputan6.com, Selasa, 8 Juni 2021.

Sampah anorganik nantinya tidak hanya bisa dijemput di rumah, tetapi juga menghasilkan uang digital yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Penjemputan sampah pun tidak dipungut biaya.

Untuk ikut dalam program ini, pertama-tama Anda harus mendaftarkan diri di bit.ly/repickupexpress. Pendaftaran Repickup berlaku mulai 7--11 Juni 2021 dan pengangkutan akan dilakukan pada 14--18 Juni 2021.

"Bisa ada kemungkinan diperpanjang atau nanti sementara tahun ini seperti itu dulu, dengan evaluasi dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Supaya lebih efektif lagi programnya nanti tergantung evaluasi tersebut," tambahnya.

Cara berpartisipasi untuk penjemputan sampah anorganik, yakni, mengunduh dulu aplikasi MRTJ Apps dan Rekosistem. Pastikan Anda memiliki akun di Rekosistem.

Kedua, lakukan pendaftaran di bit.ly/repickupexpress. Admin Rekosistem akan mengonfirmasi setelah pendaftaran melalui nomor kontak 082130004070.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Lain

Ketiga, kirimkan screenshot sudah mengunduh aplikasi MRTJ Apps saat menerima konfirmasi. Keempat, siapkan sampah anorganik seperti plastik, kertas, karet, kaca, metal, e-waste, dengan konfirmasi jadwal pengangkutan sampah akan diinfokan pada 12--13 Juni 2021.

Kelima, pastikan nomor handphone dan email yang didaftarkan sesuai akun di aplikasi Rekosistem. Ketentuan lain adalah kuota penjemputan sampah hanya untuk 50 orang, lokasi penjemputan hanya di wilayah DKI Jakarta, dan Anda akan mendapat 500 poin 500 per kilogram sampah di akun Anda.

"(Penjemputan) seluruh DKI Jakarta yang penting dalam cakupan DKI, nanti di aplikasi mereka harus registrasi terus kasih alamat buat pendataan kita jemput ke arah mana," ungkap Tomo.

Ada bonus bagi Anda yang mengantarkan sampah anorganik ke outlet Rekosistem di Stasiun Blok M BCA. Tersedia pula reward spesial 1.200 Rekopoints per kilogram selama periode berlangsung yakni 14--18 Juni 2021.

3 dari 4 halaman

Rekopoints

"Kita ada tempat mitra Rekosistem di Stasiun Blok M BCA dan bisa datang langsung. Mekanismenya tetap sama, bedanya kali ini kita menjemput sekaligus menginisiasi dan menyosialisasikan punya station anorganik di stasiun ini. Kalau (program penjemputan) tidak diperpanjang, bisa datang langsung," jelas Tomo.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Rekopoints ? Pertama, buka aplikasi Rekosistem dan klik ikon Rekopoints di bagian kanan atas. Kedua, pilih tombol "Tarik Saldo Rekopoints", di mana satu Rekopoints sama dengan Rp1.

Cara ketiga adalah Rekosistem akan transfer poin dengan uang digital melalui Gopay Rekosistem. Masukkan nomor telepon Anda yang memiliki akun Gopay dan jumlah poin yang mau ditarik.

4 dari 4 halaman

Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.