Mengumpulkan Sampah Anorganik Bisa Dapat Uang Digital, Bagaimana Caranya?

Oleh Putu Elmira pada 09 Jun 2021, 07:31 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 07:31 WIB
Sampah Anorganik
Perbesar
Penampakan sampah anorganik yang disetorkan oleh warga di drop point rekosistem yang berada di Stasiun MRT Blok M, Jakarta, Jumat (5/3/2021). Warga yang menyetorkan sampah akan mendapatkan poin dalam aplikasi rekosistem. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara digencarkan dalam upaya menekan jumlah sampah, termasuk sampah anorganik. Semangat ini pula yang disuarakan lewat program bertajuk "Kami Jemput Sampahmu".

Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menyebut, program penjemputan sampah anorganik kolaborasi MRT Jakarta dan Rekosistem ini dilaksanakan dalam momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Juni 2021.

"Program ini sekaligus kita trial dulu mau lihat animonya, seperti apa implementasinya, karena baru pertama kali kerja sama untuk mengadakan program seperti ini. Jadi, kita sambil evaluasi juga," kata Tomo saat dihubungi Liputan6.com, Selasa, 8 Juni 2021.

Sampah anorganik nantinya tidak hanya bisa dijemput di rumah, tetapi juga menghasilkan uang digital yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Penjemputan sampah pun tidak dipungut biaya.

Untuk ikut dalam program ini, pertama-tama Anda harus mendaftarkan diri di bit.ly/repickupexpress. Pendaftaran Repickup berlaku mulai 7--11 Juni 2021 dan pengangkutan akan dilakukan pada 14--18 Juni 2021.

"Bisa ada kemungkinan diperpanjang atau nanti sementara tahun ini seperti itu dulu, dengan evaluasi dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Supaya lebih efektif lagi programnya nanti tergantung evaluasi tersebut," tambahnya.

Cara berpartisipasi untuk penjemputan sampah anorganik, yakni, mengunduh dulu aplikasi MRTJ Apps dan Rekosistem. Pastikan Anda memiliki akun di Rekosistem.

Kedua, lakukan pendaftaran di bit.ly/repickupexpress. Admin Rekosistem akan mengonfirmasi setelah pendaftaran melalui nomor kontak 082130004070.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ketentuan Lain

Sampah Anorganik
Perbesar
Pekerja menimbang sampah anorganik yang disetorkan oleh warga di drop point rekosistem yang berada di Stasiun MRT Blok M, Jakarta, Jumat (5/3/2021). Sampah anorganik yang diterima kemudian dipilah dan didistribusikan ke pengolah sebagai bahan baku proses daur ulang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketiga, kirimkan screenshot sudah mengunduh aplikasi MRTJ Apps saat menerima konfirmasi. Keempat, siapkan sampah anorganik seperti plastik, kertas, karet, kaca, metal, e-waste, dengan konfirmasi jadwal pengangkutan sampah akan diinfokan pada 12--13 Juni 2021.

Kelima, pastikan nomor handphone dan email yang didaftarkan sesuai akun di aplikasi Rekosistem. Ketentuan lain adalah kuota penjemputan sampah hanya untuk 50 orang, lokasi penjemputan hanya di wilayah DKI Jakarta, dan Anda akan mendapat 500 poin 500 per kilogram sampah di akun Anda.

"(Penjemputan) seluruh DKI Jakarta yang penting dalam cakupan DKI, nanti di aplikasi mereka harus registrasi terus kasih alamat buat pendataan kita jemput ke arah mana," ungkap Tomo.

Ada bonus bagi Anda yang mengantarkan sampah anorganik ke outlet Rekosistem di Stasiun Blok M BCA. Tersedia pula reward spesial 1.200 Rekopoints per kilogram selama periode berlangsung yakni 14--18 Juni 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rekopoints

Sampah Anorganik
Perbesar
Warga membawa sampah anorganik untuk disetorkan di drop point rekosistem yang berada di Stasiun MRT Blok M, Jakarta, Jumat (5/3/2021). Sampah anorganik yang diterima kemudian dipilah dan didistribusikan ke pengolah sebagai bahan baku proses daur ulang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Kita ada tempat mitra Rekosistem di Stasiun Blok M BCA dan bisa datang langsung. Mekanismenya tetap sama, bedanya kali ini kita menjemput sekaligus menginisiasi dan menyosialisasikan punya station anorganik di stasiun ini. Kalau (program penjemputan) tidak diperpanjang, bisa datang langsung," jelas Tomo.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Rekopoints ? Pertama, buka aplikasi Rekosistem dan klik ikon Rekopoints di bagian kanan atas. Kedua, pilih tombol "Tarik Saldo Rekopoints", di mana satu Rekopoints sama dengan Rp1.

Cara ketiga adalah Rekosistem akan transfer poin dengan uang digital melalui Gopay Rekosistem. Masukkan nomor telepon Anda yang memiliki akun Gopay dan jumlah poin yang mau ditarik.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi
Perbesar
Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓