Didikan Sopan Santun Sederhana yang Kerap Dianggap Remeh Sebagian Orang

Oleh Putu Elmira pada 08 Jun 2021, 11:01 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 11:01 WIB
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Perbesar
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit video yang diunggah di aplikasi TikTok sukses viral dan mencuri perhatian. Salah satunya adalah unggahan yang dibagikan oleh akun @shelovestou pada 24 Mei 2021 lalu.

Video singkat di TikTok merekam anak perempuan berhijab yang menjabarkan sederet sopan santun yang ia lakukan berdasarkan nasihat dari kedua orangtuanya. Ia sempat menyebutkan mengenai tindakan sopan saat bertamu ke rumah orang hingga menerima beberapa kondisi dengan lapang dada.

"Gua selalu salim sama orangtua yang gua kenal ketemu di jalan karena kata ibu itu bisa bikin nama ayah ibu lebih baik," kata perempuan itu dalam video.

Selain itu, ia juga menyampaikan saat tengah bertamu ke rumah orang dan disuguhi minuman, ia berusaha untuk langsung meminumnya. "Karena gua tahu dianggurin itu enggak enak," lanjutnya.

Berlanjut dengan nasehat sang ayah yang selalu ia pegang. "Kata ayah, energi negatif itu bisa menyebar, maka itu gue pendem badmood gua kalau lagi kumpul sama temen-temen," katanya.

Ungkapan lain yang tak kalah menjadi sorotan adalah ia mampu menerima kondisi fisik. "Gua bisa enggak insecure sama jerawat karena yakin segala penyakit bisa menghapus dosa," lanjut sang pemilik akun TikTok @shelovestou.

Sikap Sopan

Video TikTok Anak Perempuan Ungkap Sederet Sikap Sopan yang Tuai Pujian
Perbesar
Viral video TikTok yang menunjukkan sang pemilik akun menjelaskan sederet nasehat baik yang diberikan orangtuanya. (Tangkapan Layar TikTok @shelovestou)

Kalimat lainnya menunjukkan bagaimana ia yakin dengan makna dari kebaikan pada sesama. "Gua yakin banget pasti dibalas lebih baik, ketika gua pengen beli baju dan gua keluarin baju lama gua ke orang yang lebih butuh," ungkapnya.

Belum berhenti sampai di sana, ungkapan lainnya turut ia sampaikan. "Kalau gua lagi main dan disediain makan, gua harus banget nyuci piring itu sendiri karena itu cara gua hormatin tuan rumah," jelasnya.

Sikap sopan santun lain yang diajarkan kedua orangtuanya adalah dengan tidak meminta uang ke saudara karena disebutkannya hal itu tidak sopan, meski kala itu saat momen Lebaran.

Tuai Pujian

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi aplikasi TikTok. (dok. pexels/cottonbro)

Sejak diunggah pada 24 Mei lalu, video ini telah disaksikan lebih dari 1,4 juta kali. Video tersebut juga mendapat likes sebanyak 319,4 ribu kali dan dikomentari 1985 kali yang dibanjiri pujian.

"Masyaallah ayah ibunya hebat bgt bisa didik anaknya sebaik ini," tulis akun nurafny. "Masya Allah. bagus banget didikan ortunya," tulis akun chuuya.

"amazing ya ayah ibunya bisa mendidik anak seperti anda, smg suatu saat sy mnjd ortu mendidik ank spt km," tulisakun hana hanifah. "i love this trend karna gue bisa belajar banyak dari orang yg ngikutin trend ini," tulis akun i'm zaa.

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓