Sukses

Status Kewarnegaraan Bayi Perempuan Meghan Markle dan Pangeran Harry

Bayi perempuan Meghan Markle dan Pangeran Harry lahir di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage di Santa Barbara, California, Amerika Serikat, pada Jumat, 4 Juni 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle tengah berbahagia karena kehadiran anak kedua mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor. Bayi perempuan pasangan Duke and Duchess of Sussex lahir pada Jumat, 4 Juni 2021.

Seiring dengan beredarnya kabar bahagia ini, banyak masyarakat yang mempertanyakan kebangsaan apa yang akan dimiliki oleh putri Harry dan Meghan tersebut. Apakah bayi Lilibet adalah warga negara Inggris atau justru dia adalah warga negara Amerika Serikat?

Meghan dan Harry memiliki kewarganegaraan yang berbeda. Meghan merupakan warga negara AS, sedangkan Harry merupakan warga negara Inggris. Hal ini memungkinkan bayi Lili berhak atas kewarganegaraan ganda. Hal yang sama berlaku lebih dulu bagi saudara laki-lakinya, Archie, yang dapat memiliki paspor Amerika Serikat dan Inggris saat tumbuh dewasa.

Tak hanya tentang kewarganegaraan bayi Lili yang menarik perhatian masyarakat, nama anak kedua pasangan ini pun turut jadi perbincangan masyarakat luas. Melalui nama yang diberikan kepada anak keduanya, Meghan dan Harry menunjukkan bahwa keluarga kerajaan masih sangat penting di mata mereka.

Dilansir dari Express, Senin (7/6/2021), nama Lilibet bukanlah nama yang biasa digunakan. Dalam Bahasa Ibrani, sebenarnya nama Lilibet berarti Elizabeth. Nama ini juga sama dengan nama panggilan nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II.

Nama panggilan ini digunakan oleh ayah Ratu, Raja George VI yang pernah berkata tentang kedua putrinya, "Lilibet adalah kebanggaanku, Margaret adalah kebahagiaanku."

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panggilan Kesayangan dari Mendiang Suami

Pangeran Philip juga memanggil Ratu Elizabeth dengan nama Lilibet sebagai bentuk cintanya. Bahkan saat pemakaman sang suami beberapa bulan lalu, Ratu Elizabeth membuat sebuah catatan tangan di atas peti mati sang suami dan menuliskan “dari Lilibet”.

Hal ini lantaran Pangeran Philip adalah orang terakhir dalam hidup Ratu yang memanggilnya dengan nama tersebut. Pesan terakhir sang Ratu membuat banyak pihak makin bersimpati atas kesedihan yang dialaminya.

Sementara, Diana yang digunakan pada nama tengah Lilibet merupakan penghormatan kepada mendiang ibu Pangeran Harry yang meninggal dalam kecelakaan pada 1997. Meghan dan Harry memilih nama tersebut lantaran Ratu Elizabeth dan Putri Diana adalah orang yang sangat penting dalam hidup Harry. Terlepas dari semua masalah kerajaan yang mereka hadapi, bagi mereka dua wanita ini adalah alasan Harry masih bisa bertahan dan tumbuh dengan baik hingga kini.

3 dari 4 halaman

Mirip dengan Sepupu

Nama bayi perempuan Harry dan Meghan ternyata memiliki banyak kesamaan dengan nama keluarga kerajaan lain, yaitu anak kedua William dan Kate, Putri Charlotte. Nama Putri Charlotte Elizabeth Diana Mountbatten-Windsor sendiri memiliki makna penting. Nama depannya merupakan penghormatan kepada kakeknya Pangeran Charles, nama Elizabeth dan Diana merupakan penghormatan kepada Ratu dan Putri Diana.

Mendengar kabar bahwa namanya ada dalam nama bayi perempuan Harry dan Meghan, Ratu merasa sangat bahagia dan memberikan doa yang terbaik untuk bayi Lili. Hal ini terlihat dari unggahan Instagram Keluarga Kerajaan @royalfamily yang mengunggah foto pernikahan Meghan dan Harry

"Selamat kepada Duke dan Duchess of Sussex atas kelahiran Lilibet Diana! Ratu, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall serta Duke dan Duchess of Cambridge senang dengan berita itu. Lilibet adalah cicit ke-11 Yang Mulia," tulis keterangan dalam potret tersebut. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

4 dari 4 halaman

Geger Wawancara Meghan dan Harry

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.