Sukses

Karina Kartika Bagikan Potret Masa Lalu Bapaknya di Ulang Tahun Sukarno

Momen ulang tahun Sukarno ditandai dengan sebuah unggahan manis oleh putrinya, Karina Kartika Soekarno.

Liputan6.com, Jakarta - Karina Kartika Soekarno membagikan sebuah unggahan di akun Instagram pribadi bertepatan dengan ulang tahun sang ayah, Sukarno. Hari jadi Presiden ke-1 RI tersebut jatuh setiap 6 Juni.

Memperingati momen spesial ini, Kartika Soekarno mengunggah potret Sukarno di masa lalu. Potret hitam putih itu juga mengabadikan sang Bapak Proklamator tersenyum dikelilingi oleh anak-anak yang juga tersenyum semringah.

"Dear Papa, Dear President, Happy Birthday! June 6, 2021, Hari ini adalah ulang Tahun Bapak Saya," tulis Kartika dalam unggahan pada Minggu, 6 Juni 2021.

 

"I also think of my husband Frits. Now, they are together. ❤ @thebigbung (Saya juga memikirkan suami saya Frits. Sekarang, mereka bersama. ❤ @thebigbung)" lanjutnya.

Berdasarkan keterangan yang disertakan dalam Instagram @thebigbung, potret yang diabadikan pada 6 Juni 1949 itu adalah momen perayaan ulang tahun Sukarno yang ke-48 kala ia diasingkan ke Bangka. Meski jarak memisahkan dirinya dengan anak-anaknya, Bung Karno begitu ia akrab disapa, memperingati hari jadinya dengan berpotret dengan anak-anak di Muntok.

Ayah Kartika Soekarno ini tampil dengan busana khasnya dan peci hitam. Senyumnya lebar kala berpose di depan kamera.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepergian Suami Kartika

Suami Kartika Soekarno, Frits Frederik Seegers, meninggal dunia pada Rabu, 3 Februari 2021 di Bali. Kabar kepergian Frits disampaikan oleh Triawan Munaf melalui akun Instagram pribadi.

Mantan Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terlihat mengunggah potret Kartika bersama suami dan putra mereka. "Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Frits Frederik Seegers, suami tercinta dari Karina Kartika Soekarno, ayah tercinta dari Kiran Seegers, malam ini di Bali," tulisnya.

"Dan semoga Karina dan Kiran diberi kekuatan dan keikhlasan untuk menerima cobaan ini. Aamiin," tutupnya. Jenazah Frits selanjutnya dikremasi di Bali.

3 dari 4 halaman

Masa Muda Kartika

Perjalanan cinta Presiden pertama RI Soekarno sempat tertambat pada perempuan Jepang, Ratna Sari Dewi Soekarno. Pernikahan Bung Karno dan Dewi dikaruniai seorang putri bernama Kartika Soekarno.

Kartika tak melupakan Tanah Air meski lahir di Jepang dan dibesarkan di Paris. Pada 1998, ia mendirikan Kartika Soekarno Foundation sebagai wujud dari dedikasi untuk anak-anak Indonesia.

Perempuan kelahiran 11 Maret 1967 tersebut juga sempat didaulat sebagai model untuk sampul majalah remaja Indonesia era 80-an. Ia pernah menjadi model di sampul majalah remaja, Gadis edisi 5--13 November 1981 dan juga cover di majalah remaja Puteri Indonesia edisi 17--30 November 1981.

4 dari 4 halaman

8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.