Sukses

Pro Kontra Video Viral Tukang Bakso Cuanki Masak Mi Instan Bareng Bungkusnya

Ini sebenarnya bukan kali pertama insiden memasak mi instan bareng bungkusnya menghebohkan warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Bakso cuanki adalah satu dari banyak jajanan populer khas Bandung, Jawa Barat. Beda dari bakso pada umumnya, seporsi bakso cuanki umunnya berisi bakso halus, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus. Karenanya, tidak sedikit pelanggan membawa mi sendiri, biasanya mi instan, untuk disajikan bersama topping tersebut.

Berbicara tentang mi, baru-baru ini, ada video viral di TikTok yang memperlihatkan seorang tukang bakso cuanki pikul memasak mi instan bersama bungkusnya. Lewat video singkat di akun @setif1e, terlihat bahwa mi, yang masih berada di dalam bungkusnya, direbus di kuah bakso.

Baru setelah matang, mi diangkat dan dilepaskan dari bungkusnya, kemudian ditaruh ke dalam mangkuk. "Jorok pisan (jorok banget) sebungkus-bungkusnya direbus," tulisnya di video tersebut.

Klip ini lantas menuai pro kontra warganet. Berbeda dari pemilik akun tersebut, sebagian mengaku sudah biasa melihat hal itu, dan selama ini, mereka baik-baik saja memakan mi yang direbus bersama bungkusnya. "Perasaan udah lama deh abang-abang jualan emang (merebus mi) kayak begitu," komentar salah satunya.

Sementara yang lain menulis, "Ya kalau tetehnya enggak suka, enggak perlu dibeli." Tapi, ada juga yang kontra, mempertanyakan higienitas bakso cuanki yang dijajakan. "Tunggu tunggu, itu plastik direbus di dalem kuah. Lah terus kuahnya dikasih lagi pas nanti orang beli dong? Iya kan gitu?" komentar seorang warganet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertama Kali Lihat

Di antara argumen tersebut, ada juga yang menganggap bahwa pengguna TikTok itu menjatuhkan bisnis bakso cuanki. "Sebetulnya simpel aja. Kalo enggak suka, ya jangan dibeli. Kasihan kalo sampe matiin rezeki bapaknya," tulis seorang warganet.

Menanggapi itu, sang pemilik akun menjawabnya dalam video lain. Ia menjelaskan bahwa tidak bermaksud menjatuhkan usaha orang atau sok higienis. Ia mengaku baru pertama kali melihat tukang bakso yang memasak mi instan bareng bungkusnya.

"Yang aku kaget tuh kuahnya sampai berubah warna karena sebelum mi yang bungkus oren, ada mi yang bungkus ijo, dan pewarna bungkus minya luntur ke kuah," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan kali pertama mi yang direbus bersama bungkusnya membuat heboh. Awal tahun ini, video berdurasi 59 detik di Twitter, memperlihatkan tukang bakso memasak mi bersama bungkusnya, sudah lebih dulu viral.

Saat itu, beberapa pengguna Twitter sudah menjelaskan bahwa plastik yang kerap digunakan sebagai pembungkus mi sebagian besar masuk golongan polimer 1 (pet), yakni hanya untuk sekali pakai.

Selain itu, plastik dalam golongan tersebut tidak tahan panas. Bahkan, jika terkena suhu tinggi, sangat mungkin material karsinogenik, yang dipercaya sebagai penyebab kanker, berpindah ke makanan yang kontak dengan plastik tersebut.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.