Sukses

Aksi Nagita Slavina Masak Sambal Embe Khas Bali di Kuali Besar

Tidak sendirian, Nagita Slavina masak sambal embe khas Bali dengan seorang teman.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Nagita Slavina sering kali membagikan sederet aktivitasnya di media sosial. Kali ini, wanita yang tengah hamil anak kedua itu berbagi momen memasak sambal embe khas Bali saat berlibur di sana pada akhir Mei lalu.

Melalui unggahan video di kanal YouTube RANS Entertainment, baru-baru ini, istri Raffi Ahmad itu tampak ditemani seorang teman, Maharani Kemala, yang merupakan pebisnis kecantikan.

"Hari ini aku masak di Bali. Aku mau bikin sambel buat mereka, tapi aku hari ini kedatangan bintang tamu jauh dari Ubud," kata Gigi, sapaan akrabnya, dalam video berdurasi 18 menit 58 detik tersebut.

Di klip tersebut, Gigi dan Maharani menjelaskan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sambel embe. Karena mereka membuat sajian pelengkap itu dalam porsi besar, bahan yang dibutuhkan otomatis banyak.

Itu mencakup bawang putih, bawang merah, dan cabai seberat lima kilogram (kg). Tak lupa mereka menambahkan dua penyedap rasa, yakni terasi dan garam.

Setelah itu, keduanya masak bersama menggunakan kuali besar yang sudah terdapat minyak yang dipanaskan. Bahan pertama yang dimasukan adalah bawang merah.

Menurut Maharani, bawang merah harus lebih dulu dimasak karena lebih lama matangnya. Sembari menunggu matang, bawang merah itu tampak terus diaduk oleh Nagita Slavina.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aroma Sambal Embe

Sementara itu, Marahani tampak mencampur garam dan terasi. Tak lama dari itu, ia dan Nagita memasukkan bawang putih sembari mengaduk semua bahan agar tercampur rata.

Lanjut, saat bawang merah dan bawang putih sudah berubah kecokelatan, campuran garam dan terasi dimasukkan. Setelah aroma terasinya menyengat, Gigi dan Maharani menambahkan cabai merah. Dengan terus diaduk, semua bahan dimasak sampai matang.

Tak butuh waktu lama, akhirnya sambal embe matang. Gigi langsung mengambil sambal tersebut dan menaruhnya ke dalam mangkuk. "Baunya enak banget," ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Coba Buat di Rumah

Gigi kemudian menyantap sambal embe bersama nasi dan ikan bakar. "Harus pakai nasi gitu makannya, pakai nasi dan ikan bakar," kata Gigi sembari menuju ke tempat makan bersama Maharani.

"Endul (enak). Kamu berbakat kawan, gila pedes banget. Buat kalian yang belum pernah kembali atau lagi tidak bisa kembali (ke Bali) karena pandemi, ini bisa dicobain di rumah, ini rasanya seperti di Bali," kata Gigi. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.