Teknik Yoga Wajah di Rumah, Bermanfaat untuk Mengencangkan dan Meremajakan Kulit

Oleh Liputan6.com pada 08 Jun 2021, 06:02 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 06:02 WIB
Teknik Yoga Wajah di Rumah, Bermanfaat untuk Mengencangkan dan Meremajakan Kulit
Perbesar
Ilustrasi saat melakukan face yoga (dok. Unsplash/ Park Street)

Liputan6.com, Jakarta - Face yoga yang diartikan dengan yoga wajah adalah gabungan antara pijatan dan senam wajah dengan mengikuti irama pernapasan. Teknik ini sudah dikenal lama dan banyak digunakan oleh orang-orang di Eropa dan Amerika. Tetapi, teknik ini masih sangat jarang diterapkan di Indonesia.

Facial yoga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, seperti meremajakan serta menjaga elastisitas kulit. Melakukan teknik ini selama 30 menit dalam delapan minggu secara teratur diklaim dapat mengurangi kerutan pada wajah, memperlancar aliran darah, serta merelaksasi otot-otot yang ada di wajah.

Tsamara Fahrana, seorang pelatih yoga bersertifikat, membagikan teknik melakukan yoga wajah yang dapat dicoba di rumah, dalam acara virtual launch Turn Up Your Glow - Luminous Glow Eye Cream For Face Virtual Launch with AHC, Kamis, 3 Juni 2021. Sebelum melakukannya, ia menyarankan agar kulit wajah diolesi pelembab dulu agar tidak teriritasi karena bergesekan. Selain itu, melakukan face yoga tanpa pelembab justru membuat kerutan-kerutan halus lebih cepat muncul.

Pengaplikasian pelembab dilakukan di semua area, khususnya T Zone, bawah mata, rahang, serta leher. Setelah siap, tarik napas yang dalam secara sadar dan posisikan diri Anda senyaman mungkin.

Berikutnya, ratakan krim pada bagian dahi dari kiri ke kanan mengikuti irama embusan napas. Selanjutnya, saat meratakan krim di bagian hidung, tarik napas dan embuskan lebih panjang dibandingkan saat menarik napas. Gerakkan tangan dari bagian atas hidung ke bawah, rasakan sensasi tangan dan nikmati gerakannya.

Pindah ke bagian pipi, lakukan hal yang sama dari bagian hidung ke arah telinga dan lakukan pada sisi lainnya. Gunakan kedua telapan tangan dari bagian dagu ke arah telinga selama beberapa kali sembari mengikuti irama embusan napas.

Gunakan telunjuk Anda untuk untuk memberikan sentuhan pada bagian atas dan bawah mata. Lakukan seolah-olah Anda sedang menggambar titik-titik di sekitar mata. Taruh telunjuk Anda di bagian dalam hidung dekat dengan pangkal kelopak mata, berikan sedikit tekanan sembari mengatur dan lakukan sebanyak tiga kali.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Hal Terpenting

Rajin Melakukan Eksfoliasi Wajah
Perbesar
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah Credit: pexels.com/pixabay

Gerakan selanjutnya menggunakan jari telunjuk, tengah dan jempol. Letakkan jari telunjuk dan tengah pada bagian atas alis, sedangkan jari jempol pada bagian bawah alis. Pijat dan berikan sedikit tekanan, rasakan sensasinya dan lakukan sebanyak tiga kali.

Kepalkan tangan kanan anda dan gunakan bagian jari yang tertekuk untuk memijat bagian dahi dari kanan ke kiri mengikuti irama napas sebanyak tiga kali. Lakukan hal yang sama pada bagian pipi dari sebelah hidung ke arah telinga.

Selanjutnya, bentuk jari anda seperti tangan kepiting dan mulai pijat bagian dagu dan rahang. Setelah selesai, berikan tambahan pijatan pada bagian yang lelah, seperti leher bagian belakang dan bahu untuk menghilangkan lelah.

Tarik napas lalu hembuskan beberapa kali untuk mengakhiri face yoga. Hal terpenting untuk anda perhatikan saat melakukan yoga wajah adalah pikiran yang tenang, tersenyum, serta pengaturan nafas yang baik. (Dinda Rizky Amalia Siregar)


3 Area Wajah yang Rentan Disentuh Tangan

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya