4 Cara Menata Kamar agar Tidak Sumpek dan Nyaman

Oleh Liputan6.com pada 06 Jun 2021, 05:03 WIB
Diperbarui 06 Jun 2021, 05:03 WIB
4 Cara Menata Kamar agar Tidak Sumpek dan Nyaman
Perbesar
Ilustrasi kamar tidur. (dok Free-Photos/pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kamar tidur yang lapang dan nyaman jadi idaman banyak orang. Kamar yang tidak sumpek membuat Anda bisa beristirahat lebih nyaman.

Sumpek atau tidak bukan sekadar masalah luas ruang kamar. Ada trik menatanya agar kamar bisa terlihat lapang. Berikut empat tips yang bisa diaplikasikan seperti dikutip dari laman SFgate, Jumat, 4 Juni 2021.

1. Membiarkan Cahaya Masuk

Hal utama yang harus dilakukan agar ruangan terkesan tidak sumpek adalah pencahayaan alami bisa masuk ke kamar. Cahaya menambahkan rasa keterbukaan pada sebuah ruangan, sehingga membuat ruangan berkesan lapang. Biarkan gorden tetap terbuka untuk memungkinkan cahaya masuk dengan sempurna.

Anda juga bisa meletakkan cermin di seberang jendela atau sumber cahaya. Trik itu membuat kamar terasa lebih besar tanpa mengubah apa pun, karena cermin memantulkan cahaya dan ruang di dalam ruangan. Jangan lupa tambahkan pencahayaan yang cukup di sudut-sudut ruangan yang dapat menghangatkan di malam hari.

2. Dekorasi Sederhana

Ruang terasa sumpek biasanya juga karena banyak barang disimpan di dalam kamar. Begitu pula dengan dekorasi yang berlebihan. Maka, pilihlah dekorasi sesimpel mungkin agar tercipta kenyamanan di dalam ruangan.

Sementara, untuk barang-barang yang tidak terpakai lainnya, bisa ditaruh di dalam tempat tertutup seperti rak. Cara itu paling sederhana agar kamar terlihat rapi dan tidak berantakan.

 

 

3. Penempatan Furnitur

Ilustrasi kamar tidur
Perbesar
Ilustrasi kamar tidur. Sumber foto: unsplash.com/Christopher Jolly.

Terkadang, penempatan furnitur yang salah dapat menciptakan ruangan terasa sesak. Pindahkan tempat duduk ke area perimeter ruangan sebagai permulaan, biarkan area di dekat pintu masuk terbuka dan tidak ada barang. Hal tersebut untuk memungkinkan Anda leluasa ketika masuk dan keluar kamar.

Jangan lupa jauhkan meja, kursi, dan dekorasi lainnya dari area untuk melintas. Jika ada barang menghalangi, Anda harus pindahkan ke pojokan agar kamar terlihat rapi dan nyaman untuk dipandang.

4. Ganti dengan Furnitur Minimalis

Menyesuaikan furnitur di kamar tidur sangat penting agar tidak terkesan sempit. Sudah saatnya Anda menggantikan furnitur yang lebih minimalis. Hindari sofa dan lemari begitu besar karena dapat menyempitkan ruangan.

Kedua benda tersebut bisa Anda ganti dengan lebih kecil atau minimalis. Anda juga bisa menjual benda tersebut untuk mendapatkan uang dan lebih hemat untuk memberi barang baru. Jangan lupa singkirkan furnitur yang menurut Anda tidak berguna di kamar tidur, pindahkan ke area lainnya pada bagian rumah. (Muhammad Thoifur)

6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓