Gucci Disemprot Warganet Gara-Gara Jual Kaftan Seharga Rp50 Juta

Oleh Asnida Riani pada 04 Jun 2021, 20:01 WIB
Diperbarui 04 Jun 2021, 20:01 WIB
Gucci
Perbesar
Koleksi ready-to-wear Gucci kena kritik warganet. (dok. laman Gucci)

Liputan6.com, Jakarta - Bagian koleksi ready-to-wear rumah mode, Gucci, tengah jadi topik hangat perbincangan warga media sosial. Tidak sedikit warganet menyebut bahwa "kaftan" itu sangat mirip pakaian tradisional India, kurta, dengan harga yang jauh lebih mahal.

Kemunculannya, melansir laman Indian Express, Jumat (4/6/2021), membuat kurta bergabung dengan barang bernuansa India, seperti latte kunyit, desi khatiya dan pranayam, yang telah "diapropriasi oleh Barat." Kehebohan ini bermula dari kicauan salah satu pengguna Twitter.

Tampak di sana bahwa ia mengunggah tangkapan layar yang memperlihatkan fashion item tersebut dari situs web Gucci. Ia menuliskan, "Gucci menjual kurta India seharga 2,5 lakh? Saya akan mendapatkan hal yang sama seharga 500 dolar (AS)."

Di laman resmi rumah mode tersebut, busana yang dimaksud adalah "floral embroidery organic linen kaftan." Itu dideskripsikan "dibuat dari linen organik, kaftan ini diperkaya dengan bordir bunga dan rumbai self-tile."

Busana dalam pilihan warna ivory itu dibanderol 3,5 ribu dolar Amerika Serikat (AS) (sekitar Rp50 juta). Saat unggahan tersebut viral, pengguna media sosial, terutama asal India, berbagi pendapat mereka tentang kurta berharga selangit itu.

"Saya bahkan tidak akan memberikan 1 rupee ekstra dari (harga) 150 (rupee) untuk ini," kata seorang pengguna. Yang lain berkomentar, "Saya tidak menemukan banyak perbedaan dengan kurta di pasar, ya kecuali ini keluaran Gucci."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukan Kali Pertama

Kai EXO
Perbesar
Koleksi perdana kolaborasi Gucci dengan Kai EXO. (dok. Instagram @zkdlin/https://www.instagram.com/p/CLlK2t4HN_Y/)

Ini sebenarnya bukan pertama kali sebuah merek internasional mencoba menjual pakaian sehari-hari Asia Selatan dengan harga tinggi. Pada 2018 lalu, Zara membuat gebrakan besar secara online setelah mulai menjual rok wanita yang mengingatkan warga India pada lungi.

Soal penetapan harga, tidak sedikit item Gucci dinilai terlalu mahal. Yang belum lama jadi sasaran buah bibir warganet adalah koleksi kapsul rumah mode berbasis di Florence, Italia ini dengan member boy group Korea Selatan, Kai EXO.

Beberapa produk yang masuk dalam koleksi itu antara lain dompet, sepatu, tas, hoodie, kaus, sweater, dan celana. Menjauh dari kesan formal, visualnya menyertakan aksen hewan favorit pelantun lagu Mmmh tersebut, yakni beruang.

Produk-produk ini dibanderol mulai dari 250 ribu won (Rp2,9 juta) sampai Rp3,3 juta won (Rp42 juta). Sebelumnya, Gucci juga pernah bikin heran publik setelah merilis kotak makan plastik bergaya vintage seharga 3,1 ribu dolar AS (Rp45,6 juta).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓