6 Hal yang Harus Dilakukan Wisatawan Saat Liburan ke Pantai Selatan

Oleh Komarudin pada 04 Jun 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 04 Jun 2021, 07:30 WIB
Salah satu pantai selatan Garut, Jawa Barat yang terkenal memiliki ombak tinggi dan ganas
Perbesar
Salah satu pantai selatan Garut, Jawa Barat yang terkenal memiliki ombak tinggi dan ganas (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Selatan Jawa jadi salah satu lokasi wisata yang digemari wisatawan. Liburan ke pantai bisa dinikmati berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Kawasan pantai selatan Jawa memiliki sederet pantai indah yang menarik wisatawan. Lokasinya tersebar di sepanjang selatan Pulau Jawa, seperti Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Parangtritis di Bantul, Timang di Gunung Kidul, Papuma di Jember, Sendiki di Malang, dan lain-lain.

Di balik keindahannya, belakangan tak sedikit peristiwa kecelakaan yang terjadi di pantai. Sepanjang libur Lebaran 2021 saja, sebanyak 16 wisatawan mengalami kecelakaan di objek wisata pantai di Sukabumi, Jawa Barat, hingga mengakibatkan korban jiwa.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut enam hal yang harus dilakukan wisatawan saat liburan di pantai selatan agar tetap aman dan nyaman.

1. Patuhi Aturan dan Imbauan

Kawasan pantai selatan memiliki gelombang yang besar. Maka, petugas setempat biasanya sudah memperingatkan soal itu, selain memasang papan larangan berenang di zona berbahaya. 

Kecelakaan yang menimpa wisatawan umumnya karena tidak mengindahkan imbauan dan aturan dari petugas. Maka, sangat penting untuk disiplin mengikuti aturan agar liburan Anda di pantai selatan tetap aman.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pantau Anak yang Beraktivitas di Pantai

Tim SAR
Perbesar
Tim dari Kantor SAR Bandung melakukan patroli di sekitaran objek wisata Pantai Pangandaran. (Dok. Basarnas)

Orangtua wajib mengawasi anak atau keluarga yang beraktivitas di tepi pantai. Selalu ingatkan anggota keluarga lain bila mereka terlalu ke tengah laut. Tarik anggota keluarga dari bibir pantai, terutama bila ia tak bisa berenang. Sebisa mungkin orangtua atau anak maupun keluarga menggunakan pelindung diri.

3. Hindari Kostum Warna Hijau

Cari area yang lebih aman jika ingin turun berenang. Selain itu, gunakan kostum warna cerah dan hindari kostum warna hijau.

Hal itu bukan semata karena mitos Nyi Roro Kidul, melainkan karena seseorang yang berkostum hijau akan sulit dicari saat terseret arus atau tenggelam akan sulit dicari lantaran warnana menyatu dengan warna air laut. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Karateristik dan Kondisi Pantai

Petuga menertibkan pedagang di Pantai Parangtritis
Perbesar
Para pedagang yang menggelar dagangannya di Pasir maupun di jalan cor blok ditertibkan petugas Sap Pol PP Bantul

Sebelum mengunjungi salah satu pantai selatan, hal penting lain yang harus dilakukan wisatawan adalah mengenali karakter dan kondisi pantai, seperti kondisi ombak atau kedalaman pantai. Tak ada salahnya untuk bertanya kepada petugas pantai soal itu. Di samping, Pantai Selatan terkenal memiliki arus Rest In Peace Current yang bisa menggerus pasir saat diinjak pelancong.

5. Tidak Berenang Sendiri dan Tak Terlalu Jauh

Jika ingin berenang, pastikan ada teman atau rekan lain yang mengawasi dari titik aman agar bisa saling memantau dan membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ingin berenang, usahakan tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Hindari zona larangan berenang karena bisa membahayakan. Semakin jauh dari bibir pantai, arusnya sangat kuat.

6. Perhatikan Kondisi Cuaca

Jika kondisi cuaca tidak mendukung, akan membuat liburan menjadi tak nyaman. Pengunjung harus mawas diri dan menjauhi zona berbahaya saat cuaca ekstrem, ombak terbilang tinggi dan deras.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya