Gaun Rahasia Putri Diana yang Dipakai di Hari Pernikahannya Terungkap dalam Pameran Terbaru

Oleh Liputan6.com pada 03 Jun 2021, 14:01 WIB
Diperbarui 06 Jun 2021, 08:16 WIB
Putri Diana
Perbesar
Putri Diana. (AP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Gaun pengantin Putri Diana bisa dikatakan sebagai salah satu busana paling mudah dikenali sepanjang masa. Kini, gaun tersebut bisa dilihat secara langsung untuk pertama kalinya sejak 25 tahun terakhir.

Mengutip Hello!, Kamis (3/6/2021), gaun legendaris itu melengkapi pameran terbaru di Istana Kensington, Inggris. Bertajuk "Royal Style in The Making," pergelaran itu akan diresmikan pada 3 Juli mendatang.

Pengunjung dapat melihat detail rumit gaut yang dimaksud, mulai dari garis leher bergerigi, hingga aksen lengan mengembang yang berpadan pita. Gaun ikonis rancangan Elizabeth dan David Emanuel ini bertakhta payet dan renda antik Carrickmacross yang awalnya merupakan milik Ratu Mary, nenek buyut Diana.

"Ini akan seperti melihat seorang teman lama setelah bertahun-tahun," kata Elizabeth. "Saya melihat gambar-gambar itu (gaun pengantin rancangannya) lagi hari ini, dan saya tidak percaya berapa banyak payet yang kami jahit ke gaun itu. Ini akan jadi pameran yang luar biasa."

 

Pameran Gaun Pengantin Putri Diana di Istana Kensington
Perbesar
Gaun dan jaket yang diganti Putri Diana pada hari pernikahannya buatan desainer David Sassoon ditampiilkan selama pratinjau media untuk pameran "Royal Style in the Making" di Istana Kensington di London, Rabu (2/6/2021). Pameran berlangsung dari 3 Juni hingga 2 Januari 2022. (AP Photo/Matt Dunham)

Tidak sampai di situ, kejutan lain datang dari "gaun rahasia" merah muda yang dipakai Princess of Wales. Kombo gaun dan jaket yang "tidak akan terlihat ketinggalan zaman" ini merupakan rancangan David Sassoon untuk Bellville Sassoon.

Sedikit fakta yang diketahui, yakni Putri Diana sebenarnya pertama kali memakainya di hari pernikahan dengan Pangeran Charles. Semula, busana itu dianggap sebagai pakaian bulan madu dan kemudian jadi bagian dari pakaian kerjanya ketika dipakai dalam tur kerajaan ke Australia pada 1982, dan untuk membuka rumah sakit di Grimsby tahun 1983.

Pameran, yang terselenggara di bulan ulang tahun Putri Diana, ini bermaksud mengeksplorasi hubungan unik antara perancang busana dengan klien kerajaan. Bakal ada juga gaun yang dikenakan Ibu Suri dan Putri Margaret, sketsa asli yang rumit dan menarik, contoh kain, serta catatan tulisan tangan untuk desainer dari klien kerajaan mereka.

 

Dipinjamkan Pangeran William dan Pangeran Harry

Pameran Gaun Pengantin Putri Diana di Istana Kensington
Perbesar
Barang-barang dari proses desain gaun pengantin Putri Diana yang dibuat oleh David dan Elizabeth Emanuel selama pratinjau media untuk pameran "Royal Style in the Making" di Istana Kensington di London, Rabu (2/6/2021). Pameran berlangsung dari 3 Juni hingga 2 Januari 2022. (AP Photo/Matt Dunham)

Matthew Storey, kurator pameran di istana, mengatakan, "Pameran musim panas kami di Istana Kensington akan menyoroti beberapa bakat terbesar desain Inggris, yang karyanya telah berperan dalam membentuk identitas visual keluarga kerajaan sepanjang abad ke-20," katanya.

Gaun pengantin Putri Diana dipinjamkan ke Istana Kensington oleh putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry. Tampilan baru juga datang menjelang ulang tahun ke-60 Diana pada 1 Juli, yang akan diperingati bulan depan, dengan pembukaan patung mendiang sang putri di halaman istana.

Mengutip The Sun, Pangeran Harry dan Pangeran William akan berpidato secara terpisah di momen tersebut. Seorang sumber mengatakan, Harry dan William akan bertemu langsung untuk upacara itu, namun tidak menutup kemungkinan rencananya berubah.

"Anda mungkin mengira mereka akan pergi untuk berpidato bersama, tapi bukan itu masalahnya," katanya. "Masing-masing bersikeras untuk mempersiapkannya (pidato) sendiri." (Muhammad Thoifur)

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur
Perbesar
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓