6 Pernikahan Unik yang Terjadi Sepekan Terakhir di Indonesia, Ada yang Jadikan Ular Sebagai Atribut

Oleh Liputan6.com pada 03 Jun 2021, 15:02 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 15:02 WIB
Konsep Pernikahan Seperti Pakai Baju Tidur Ini Unik, Ekspresi Mempelai Curi Perhatian
Perbesar
Konsep Pernikahan Unik. (Sumber: TikTok/ @sitifiyah99)

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan menjadi momen sakral yang selalu ditunggu-tunggu setiap calon pasangan pengantin. Banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut hari bahagia tersebut, mulai dari konsep hingga mahar pernikahan.

Tak jarang dari mereka memilih hal-hal unik saat acara pernikahannya sehingga menjadi perbincangan publik. Hal itu dilakukan mempelai pria maupun wanita sebagai bentuk pernikahan unik yang menjad impian mereka selama ini.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut enam pernikahan unik yang terjadi sepekan terakhir. Apa saja keunikahan pernikahan tersebut?

1. Menggunakan Konsep Kartun

Pasangan pengantin ini memih konsep pernikahan yang antimainstream dengan menggunakan dekorasi bertemakan Hello Kitty. Mereka juga mengenakan baju pengantin bermotif tokoh kartun tersebut yang terlihat lebih seperti baju tidur.

Konsep pernikahan unik ini viral di media sosial dan mencuri perhatian warganet . Video tersebut diunggah akun  TikTok @sitifiyah99 pada 25 Mei 2021. Video tersebut telah ditonton lebih dari 11,4 juta kali dan mendapatkan 815 ribu tanda suka dari para pengguna TikTok.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Mempelai Pria Korea Menggelar Dangdutan

Pesta Pernikahan Pria Korea dengan Wanita Indonesia, Pakai Adat Jawa dan Gelar Dangdutan
Perbesar
Pesta Pernikahan Pria Korea dengan Wanita Indonesia, Pakai Adat Jawa dan Gelar Dangdutan. foto: Youtube 'KBS WORLD Indonesian'

Pernikahan unik juga dilakukan pria asal Korea Selatan yang menikah dengan wanita Indonesia. Pasangan pengantin itu bernama Jinseong dan Yeonji, mereka menikah menggunakan adat Jawa dan sebagai hiburannya mereka menggelar dangdutan.

Hal tersebut diketahui dari unggahan di YouTube, KBS WORLD Indonesian pada Minggu, 30 Mei 2021. Sebenarnya, mereka sudah menikah pada 15 tahun lalu di Korea, tapi saat itu pernikahan mereka belum direstui orangtua sang wanita.

Usai mendapatkan restu dari orangtua, keluarga mempelai wanita menyiapkan pesta pernikahan dengan membuat berbagai macam masakan. Mereka menggelar pesta yang cukup meriah meski tidak dihadiri keluarga pengantin pria.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kado Pernikahan Berupa Hewan Ternak

Viral, Aksi Nyeleneh Sumbang Hewan Ternak saat Resepsi Pernikahan
Perbesar
TikTok/ maya_juna

Pernikahan unik yang lain adalah aksi seorang tamu undangan yang memberi sayuran hingga hewan ternak saat resepsi pernikahan. Hal tersebut terungkap lewat video yang diunggah akun TikTok @maya_juna pada 22 Mei 2021. Tak dibungkus, sekelompok pria langsung memberikannya kepada mempelai.

Video viral tersebut mencuri banyak perhatian. Hingga artikel ini dibuat, video tersebut sudah ditonton lebih dari 11,7 juta penonton dan mendapatkan 818 ribu tanda suka dari para pengguna akun TikTok.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Ular Jadi Atribut Pernikahan

Pernikahan unik
Perbesar
Pesta pernikahan unik di Kota Palembang, sepasang pengantin memakai atribut yaitu ular Piton Molurus yang merupakan peliharaan pengantin pria, Sadam Maulana (Dok. Pribadi Sadam Maulana / Nefri Inge)

Pernikahan lain yang tak kalah unik adalah pasangan pengantin Sadam dan Desti yang menggelar hari bahagianya pada Minggu, 23 Mei 2021. Mereka menggunakan atribut unik  berupa ular jenis piton molurus untuk mengisi foto pernikahannya. 

"Pakai ular itu lebih ke antimainstream saja. Unik dan ada kenangan tersendiri. Apalagi, saya memang mengoleksi berbagai jenis ular,” kata Sadam di Palembang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Pengantin Perempuan Patahkan Besi

Viral Pengantin Wanita Beraksi Patahkan Besi di Acara Pernikahannya, Bikin Melongo
Perbesar
Aksi pengantin wanita yang tunjukkan aksi patahkan besi di depan tamu. (Sumber: TikTok/noto_moto)

Di luar itu, ada juga aksi tak biasa dilakukan oleh seorang pengantin perempuan bernama Rakhma Lutfita. Sambil mengenakan gaun pengantin, ia mematahkan besi dengan menghantamkan benda tersebut ke arah paha kirinya. Ia juga melanjutkan aksinya dengan mematahkan besi yang diletakkan di atas dua penyangga.

Kedua aksi tersebut sukses dilakukan tanpa ada kesalahan. Aksi tidak biasa ini mengundang kekaguman pada atraksi yang dipamerkan Rakhma.

Beberapa berkelakar bahwa aksi tersebut jadi semacam "peringatan" bagi pengantin pria untuk "tidak macam-macam" dalam pernikahan. "Nasib itu yang akan menimpa masnya kalau berani-beraninya selingkuh," tulis salah satu pengguna Twitter.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Bakso Goreng Sebagai Mahar Pernikahan

Pernikahan Bermahar Bakso Goreng Jadi Viral, Pengantin Baru Sampai Dicari Jenita Janet
Perbesar
Pernikahan bermahar bakso goreng di Banyumas. (dok. Instagram @danusofwan/https://www.instagram.com/p/CPlC9OwplRS/Dinny Mutiah)

Pernikahan lain yang juga mengundang perbncangan publik adalah pengantin pria menjadikan bakso goreng sebagai salah satu maskawin yang dipersembahkan kepada pengantin wanitanya. Video yang diunggah ulang oleh akun Instagram @danusofwan pada Rabu, 2 Juni2021, mempelai pria yang berbusana serba putih dengan mantap menggenggam tangan calon bapak mertuanya saat mengucapkan ijab kabul.

"Saya terima nikah dan kawinnya Ami Deka Fadilla binti Surono dengan saya sendiri dengan maskawin tersebut dibayar tunai," ucap pengantin pria itu dengan sekali tarikan napas.

Video tersebut menarik perhatian pasangan suami istri, yakni Danu Sofwan dan Jenita Janet. Mereka mengaku ingin memberi hadiah bagi pasangan pengantin baru itu. Ia bahkan meminta warganet untuk menghubungkannya dengan kedua mempelai. (Muhammad Thoifur)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Perbesar
Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid