Sukses

Tudingan Organisasi Pembela Hak Hewan Terkait Kolaborasi BTS X McDonald's

Menu kombo kolaborasi BTS X McDonald's, BTS Meal, disebut mempromosikan ayam mati.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kekhawatiran di balik kolaborasi BTS X McDonald's menghadirkan menu kombo BTS Meal. Itu diungkap People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), sebuah organisasi pembela hak hewan, lapor Koreaboo, Rabu 2 Juni 2021.

Dalam narasinya, PETA Asia menyinggung BTS mempromosikan kekejaman terhadap hewan. Melalui akun media sosialnya, organisasi itu membagikan potret seorang perempuan mengenakan kaus BT21, karakter kolaborasi BTS dengan Line, berdiri di luar McDonald's.

Ia tampak mengangkat tanda yang bertuliskan, "Penggemar ini dikecewakan. BTS, berhenti mempromosikan ayam mati." PETA Asia juga membagikan unggahan dengan tagline, "You are butter than this, BTS," sebuah play-off dari single baru boy group tersebut, Butter.

Organisasi hak-hak hewan mengakui pengaruh BTS dan menyatakan kekecewaan mereka atas pilihan nomine Grammy itu bermitra dengan McDonald's dalam membuat menu kombo yang menyertakan nuget ayam. Pihaknya pun mengungkap investigasi di balik ketidaksetujuan tersebut.

PETA mengklaim bahwa produsen ayam terbesar Australia, Baiada, yang dilaporkan memasok daging ayam ke McDonald's dan perusahaan lain, dituding melakukan "kekejaman yang meluas" di fasilitas pembiakan dan rumah jagal. Rumah jagal Baiada memiliki CCTV, tapi itu tidak menghentikan para pekerja berlaku kasar pada hewan tersebut.

"Jelas BTS tidak peduli dengan ayam yang menderita dan digorok lehernya untuk McNuggets di BTS Meal," tulis pihaknya. "Sebarkan cinta, bukan kekejaman!"

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Penggemar

Sementara PETA mengklaim bahwa ARMY, sebutan penggemar BTS, merasa "dikecewakan," ada yang angkat bicara, tidak hanya untuk membela BTS, tapi menyinggung beberapa inkonsistensi PETA.

Mereka ingat bahwa PETA "menidurkan" ribuan hewan daripada menemukan rumah baru bagi mereka karena tidak percaya pada kepemilikan hewan peliharaan. Terkait keadaan itu, presiden dan salah satu pendiri PETA, Ingrid Newkirk, kala itu mengatakan bahwa ini adalah "situasi yang sangat buruk."

Tidak sedikit juga yang mengatakan PETA memilih BTS dan McDonald hanya untuk "perhatian" dan "pengaruh." Meski BTS sering terlihat makan berbagai makanan yang terdiri dari daging dalam reality show dan mendukung produk serupa sebelumnya, PETA belum mengkritik grup atau anggotanya sampai sekarang.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.