3 Aktor Utama Pemeran Serial Musikal Terinspirasi Novel Siti Nurbaya, Siapa Mereka?

Oleh Dinny Mutiah pada 31 Mei 2021, 18:02 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 18:02 WIB
3 Aktor Utama Pemeran Serial Musikal Terinspirasi Novel Siti Nurbaya, Siapa Mereka?
Perbesar
Proses latihan dan audisi para calon pemeran serial musikal Nurbaya. (dok. Indonesia Kaya)

Liputan6.com, Jakarta - Program online Mencari Siti yang dimulai sejak Desember 2020 akhirnya menemukan tiga aktor utama yang bakal bermain dalam serial musikal Nurbaya. Serial itu diadaptasi dari novel Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli.

Nama karakter utama dalam serial musikal Nurbaya mirip dengan karakter di novelnya, yakni Siti Nurbaya, Samsul Bahri, dan Datuk Maringgih. Pemeran utama tokoh perempuan itu jatuh pada Arawinda Kirana. Ia merupakan aktris muda peraih nominasi Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya 2020.

"Ini adalah produksi paling berkesan dalam hidup saya sejauh ini dan saya sangat berterima kasih karena diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk berkontribusi kepada karya yang sangat berarti ini," kata perempuan yang aktif berkain itu dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (31/5/2021).

Ia mengaku sudah tidak sabar memperkenalkan Siti Nurbaya terbaru lewat aksinya nanti. Mendampingi Arawinda sebagai Samsul Bahri adalah Bukie Mansyur yang berprofesi sebagai penyiar radio, DJ, dan produser. Serial ini bakal jadi pengalaman pertamanya dalam teater musikal profesional.

Sementara, karakter antagonis Tuan Meringgih bakal diperankan Bima Zeno Pooroe. Ia disebut aktif berkiprah di dunia seni pertunjukan sebagai penyanyi dan pemain teater musikal sejak 2020.

Ketiga pemeran itu berhasil lolos dalam audisi tahap dua yang berlangsung lewat offline casting. Mereka mengungguli para peserta lain yang berasal dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, dan Mataram yang ditantang menyanyikan lagu, serta membacakan dua monolog yang sudah ditentukan ke hadapan para juri secara langsung maupun via virtual melalui kiriman video.

"Proses menentukan tiga karakter utama dalam serial musikal yang diadaptasi dari novel Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli ini bukan hal yang mudah karena kemampuan yang ditunjukkan oleh para peserta audisi ini sungguh luar biasa," kata Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Kolaborasi Multi-pihak

3 Aktor Utama Pemeran Serial Musikal Terinspirasi Novel Siti Nurbaya, Siapa Mereka?
Perbesar
Proses latihan dan audisi para calon pemeran serial musikal Nurbaya. (dok. Indonesia Kaya)

Berbeda dengan produksi lainnya, serial musikal Nurbaya ini seluruhnya akan diisi pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting. Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, dan Ilya Aktob A M yang terpilih melalui workshop Mencari Penulis dan mengikuti online masterclass bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun lalu.

Garin kali ini bertindak sebagai produser bersama Indonesia Kaya. Sementara, kursi sutradara diduduki Venytha Yoshiantini dari TEMAN selaku sutradara musikal/teater, dan Naya Anindita selaku sutradara film. Selain itu, Ivan Tangkulung bertindak sebagai komposer musik dengan para pemeran dilatih vokal oleh Gabriel Harvianto dan Andrea Miranda.

Serial musikal Nurbaya ini akan segera diproduksi dan ditayangkan pada pertengahan tahun ini. Seluruh personel yang terlibat dalam latihan dan proses pengambilan gambar program ini telah dinyatakan negatif dalam rapid test antigen berkala sebelum memulai kegiatan. Selain itu, panitia mengklaim telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti tetap menggunakan masker selama proses berlangsung, menjaga jarak, juga membagi jumlah peserta yang hadir dalam satu waktu.

5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓