Sukses

Kedai Kopi di Girpasang Klaten, Aksesnya Menyeberang Jurang Naik Gondola

Gondola yang difungsikan untuk mengangkut barang, juga dijadikan pengangkut pengunjung kedai kopi di Girpasang, Klaten, yang berada di lereng Merapi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diunggah akun Instagram @pesona_jogja menjadi viral lantaran menampilkan kedai kopi unik. Bukan jenis kopinya, melainkan akses menuju tempat ngopi itu yang butuh perjuangan pengunjungnya. Namun, kesulitan itu bisa menarik perhatian pengunjung.

Kedai kopi itu bernama Omah Kopi Girpasang. Lokasinya terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Girpasang, Tegalmulyo, Klaten, Jawa Tengah. Karena akses yang sulit, kedai kopi itu biasanya diakses pengunjung menaiki gondola tradisional bertenaga sepeda motor.

Gondola berkapasitas maksimal dua orang itu akan membawa pengunjung melewati jurang dan merasakan sensasi menegangkan di atasnya.  "Selain gondola, ada akses lain, yaitu jalan kaki melewati seribu lebih anak tangga," kata admin Omah Kopi Girpasang saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 27 Mei 2021.

Menurut admin tersebut, gondola itu milik warga desa. Fungsi utamanya bukan mengangkut orang, tetapi barang. Tarif yang dikenakan adalah Rp10 ribu per orang.

Selain gondola warga, ada pula gondola milik desa yang lebih aman dan fungsinya memang untuk mengangkut orang. Biaya menaiki gondola itu Rp60 ribu pulang pergi dengan kapasitas empat orang. Untuk jarak tempuh kurang lebih 150 meter, pengunjung cukup menaikinya sekitar lima menit.

Omah Kopi Girpasang terbilang baru. Kedai kopi itu pertama kali dibuka pada Oktober 2020 lalu. Dibangun di seberang jurang bukan semata-mata untuk menarik wisatawan saja, admin kedai itu menjelaskan alasan lain di baliknya.

"Dibangun di seberang karena bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Girpasang yang terisolir. Yang ada di seberang jurang tersebut dibanding masyarakat di dusun lain yang lebih mudah aksesnya," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman Favorit

Menu makanan favorit yang menjadi ciri khas kedai ini yaitu Ingkung (ayam utuh) dan nasi jagung. Sedangkan, untuk minumannya tentu saja kopi. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan berkisar dari Rp5 ribu--Rp14 ribu. Aa juga menu paket Ingkung seharga Rp160ribu--Rp180 ribu.

Walapun di gunung tak perlu khawatir tidak mendapat sinyal untuk menggungah momen liburan anda, karena tersedia fasilitas WiFi gratis di sini. Kedai kopi ini buka setiap hari dari jam 10.00--22.00 WIB.

"Untuk pembatasan pengunjung belum diterapkan karena kondisi belum sepenuhnya normal. Jadi belum terlalu banyak pengunjung," ucapnya.

Dusun Girpasang terbilang sebagai desa wisata. Selain menyediakan tempat ngopi, penduduk juga menawarkan homestay, tur wisata, hingga kemping. Anda yang tertarik bisa mengeceknya via laman girpasang.com.  (Jihan Karina Lasena)

3 dari 3 halaman

Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.