7 Tips Perawatan Kulit yang Wajib Diketahui Para Calon Pengantin

Oleh Liputan6.com pada 02 Jun 2021, 04:03 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 04:03 WIB
Makeup pengantin
Perbesar
Ilustrasi Makeup Pengantin. (Dok. Cleyder Duque/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan merupakan momen sakral bagi seorang perempuan dan pria. Dalam momen tersebut setiap calon pengantin tentu ingin tampil cantik di hari pernikahannya.

Di hari istimewa mereka itu, makeup atau riasan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Namun, kadang kala calon pengantin mengalami masalah dengan kulit mereka sehingga kurang maksimal saat diaplikasikan makeup.

Makeup artist (MUA) Faby membagikan beberapa tips perawatan kulit untuk para calon pengantin agar tampil memukau di hari nan bahagia itu, seperti dilansir dari Pinkvilla, Sabtu, 29 Mei 2021 berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kesehatan yang prima aset terpenting bagi setiap calon pengantin. Tubuh yang sehat dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan bergizi. Pola makan yang tidak sehat dapat memengaruhi tampilan kulit, merusak metabolisme, bahkan menyebabkan penambahan berat badan.

Anda dapat mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan segar untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing pada hari-H. Usahakan juga untuk menghindari makanan berlemak, pedas, teh, kopi, dan merokok.

2. Hindari Bereksperimen dengan Produk Baru

Jangan mencoba-coba bereksperimen dengan produk baru, baik skincare atau pun makeup. Anda tidak bisa memprediksi produk mana yang nantinya cocok dengan kulit Anda dan mana yang tidak.

Jika ternyata produknya tak cocok malah akan mendatangkan masalah baru di kulit Anda. Jadi, para calon pengantin disarankan untuk tetap menggunakan rangkaian perawatan kulit atau kosmetik yang biasa dgunakan.

3. Bersihkan Kuas Makeup

Kuas yang tak dibersihkan akan mengumpulkan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Kuas kotor juga menumpuk sel kulit mati dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan menjadi kulit kusam. Selain itu, makeup akan lebih flawless diaplikasikan saat kuas dalam kondisi bersih.

4. Eksfoliasi dan Masker

Eksfoliasi adalah cara sederhana dan mudah untuk mendapatkan kulit berkilau. Eksfoliasi akan mengangkat sel kulit mati Anda yang menumpuk kulit nampak cerah. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali dan masker 3-4 kali seminggu untuk mencapai kulit yang sempurna di hari bahagia. Pilihlah masker sesuai kebutuhan kulit Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Minyak zaitun dan kuning telur

Ilustrasi makeup pengantin
Perbesar
Ilustrasi Makeup Pengantin. (Dok. Willy Zhong/Pexels)

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam minyak zaitun meningkatkan pergantian sel, membuat kulit lebih cerah, dan bersih.

Minyak zaitun dapat meresap lebih dalam ke kulit daripada pelembap mewah lainnya, sehingga perawatan wajah dengan minyak zaitun sangat bermanfaat digunakan dalam cuaca dingin. Kuning telur mengandung air dan lemak yang merupakan zat yang sangat baik untuk mengikat air dan mengunci kelembapan pada sel-sel kulit anda, sehingga membuat wajah menjadi kenyal.

6. Rutin Merawat Kulit

Percuma saja menggunakan produk mahal tapi tak rutin dipakai, hasilnya pun tak akan kelihatan. Rutin dirawat adalah kunci untuk mendapat kulit yang sehat. Para pengantin disarankan untuk rajin merawat kulitnya di hari-hari sebelum pernikahan agar hasil dari produk yang dipakai berfungsi secara efektif.

7. Jangan Pernah Melupakan SPF50

Hilangnya lapisan ozon telah meningkatkan peluang terkena paparan sinar UV yang berbahaya. Tabir surya secara signifikan mampu mengurangi risiko kulit terbakar. Mengoleskan tabir surya dengan SPF 50 setiap hari diketahui mampu mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit hingga setengahnya.

Nantinya di hari-H, Anda memiliki kondisi kulit yang sehat untuk dirias karena terlindungi setiap saat. Perlu diingat, bila anda mengalami masalah kulit yang serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan menghindari mencoba perawatan rumahan. (Jihan Karina Lasena)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Perbesar
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya