Sukses

Hawaii Cabut Larangan Penggunaan Masker di Luar Ruangan

Hawaii akhirnya mencabut larangan penggunaan masker.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik datang dari Hawaii, negara bagian tersebut memutuskan mencabut aturan penggunaan masker di luar ruangan. Hawaii mulai terlihat seperti daerah sebelum pandemi.

Pengunjung sekarang dapat menikmati pantai Hawaii, jalur hiking, dan pemandangan luar ruangan yang megah tanpa masker,  terlepas dari status vaksinasi mereka. Negara bagian itu mencabut aturan masker luar ruangannya pada Selasa, 25 Mei 2021, dan telah membuka jalan bagi kompetisi selancar terkenal di dunia untuk dimulai kembali pada  Juni 2021.

Olahraga multi-tim, termasuk bisbol dan sepak bola, juga telah diizinkan untuk dilanjutkan pada 1 Juni. "Keberhasilan program vaksin kami dan kerja sama warga kami di seluruh negara bagian telah membawa kami ke titik ini," kata Gubernur Hawaii David Ige, seperti dikutip dari Travel and Leisure, Sabtu (29/5/2021).

"Itu adalah berita yang kami tunggu-tunggu di sini di Hawaii," kata Stacy Small, pendiri dan CEO Elite Travel International yang berbasis di Maui. Beberapa kliennya tinggal di negara bagian yang telah mencabut aturan masker, katanya, mengisyaratkan bahwa perubahan pada protokol tes COVID-19 sebelum kedatangan negara bagian mungkin juga sedang dikerjakan.

Semua pengunjung ke Hawaii, termasuk mereka yang telah divaksinasi, saat ini diharuskan untuk dites negatif untuk COVID-19 sebelum kedatangan atau menghadapi karantina wajib selama 10 hari. Untuk saat ini, Hawaii berencana terus mewajibkan orang untuk memakai wajah di dalam ruangan.

"Hingga lebih banyak orang yang divaksinasi, kita harus terus melakukan tindakan pencegahan di dalam dan di luar ruangan dalam kelompok besar demi keselamatan orang yang kita cintai, tetangga, dan masyarakat," kata Ige.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelompok Besar

Tingkat kepositifan COVID-19 Hawaii sekarang mencapai satu persen, menurut data resmi terbaru negara bagian. Negara bagian itu telah memberikan hampir 1,5 juta vaksin virus  corona, dengan sekitar 49 persen populasinya sekarang telah divaksinasi penuh untuk melawan COVID-19.

Beberapa negara bagian telah mencabut aturan masker mereka sebagai tanggapan atas pedoman CDC, yang baru-baru ini diperbarui untuk tidak lagi merekomendasikan masker untuk orang yang divaksinasi di sebagian besar lingkungan dalam atau luar ruangan. 

Negara bagian terus merekomendasikan masker di luar ruangan ketika dalam kelompok besar. "Virus masih beredar di komunitas kami, dan orang-orang yang tidak divaksinasi sangat berisiko," kata Ige.

Di Oahu - rumah bagi Pantai Waikiki dan Diamond Head yang terkenal - pertemuan sosial tetap dibatasi hingga 10 orang atau kurang.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini