Sukses

Ada Peran ARMY di Balik BTS Meal dari McDonald's

McDonald's edisi BTS Meal akan tersedia di 50 negara di seluruh dunia. Ini menjadi yang pengalaman kemitraan perdana bagi waralaba asal AS itu.

Liputan6.com, Jakarta - Menu spesial edisi BTS dari McDonald's resmi diluncurkan di hampir 50 negara di seluruh dunia pada, Rabu, 26 Mei 2021. Di Indonesia, BTS Meal akan tersedia pada 9 Juni 2021.

Kemitraan baru McDonald's dengan BTS ini pun meledak karena antusias dari para penggemar di seluruh dunia. Namun, apa alasan di balik merek tersebut memilih BTS?

Melansir Koreaboo, Kamis, 27 Mei 2021, tim pemasaran McDonald's mengungkapkan alasannya dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone. Ketua komite pemasaran waralaba McDonald's Amerika Serikat, Vicki Chancellor menjelaskan bahwa dalam hal memilih artis musik yang tepat untuk pesanan terkenal (Famous order deal), keaslian adalah kuncinya.

Selain memastikan merek hanya bekerja dengan artis yang merupakan penggemar makanan McDonald's, Vicki mengatakan mereka juga ingin bermitra dengan selebriti yang dicintai oleh pelanggan dan juga kru McDonald's sendiri.

Untuk memilih BTS secara khusus, Kepala Pemasaran McDonald's AS., Morgan Flatley menjelaskan bahwa salah satu alasan terbesar di balik keputusan tersebut adalah ARMY. "(BTS) memiliki basis penggemar yang sangat bersemangat dan setia," jelasnya, "Itulah alasan besar mengapa kami memutuskan untuk bermitra dengan mereka."

Flatley juga mengungkapkan bahwa grup tersebut merupakan penggemar sejati McDonald's. Masing-masing anggota BTS memiliki kenangan tersendiri akan merek tersebut.

Tampaknya BTS juga menandai peluang bagi McDonald's untuk membawa menu terkenal ke level berikutnya. Pasalnya, kemitraan McDonald's sebelumnya terbatas hanya pada satu negara, berbeda dengan kolaborasi BTS kali ini, menu tersedia di hampir 50 pasar di beberapa benua.

"Kemitraan kami dengan BTS, basis penggemar yang benar-benar global," kata Flatley, "Adalah peluang sempurna bagi banyak (pasar McDonald's lainnya) untuk ikut serta dalam kesenangan."

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Merchandise

Tentu saja,  menghadirkan "BTS Meal" bukannya tanpa rintangan bagi McDonald's. Mengingat bahwa makanan tersebut akan dijual di banyak wilayah, Flatley menjelaskan bahwa ada banyak keterlibatan dan integrasi yang terlibat untuk membuat pesanan di seluruh dunia, dan memastikan pelanggan memiliki pengalaman yang konsisten di mana pun mereka berada.

Kepala pemasaran itu mengatakan bahwa pengumuman "BTS Meal" saja telah mendorong keterlibatan yang memecahkan rekor di platform media sosial McDonald's dan bahkan mendatangkan pengikut yang merupakan penggemar K-Pop untuk Morgan Flatley. "Kami telah melihat dukungan luar biasa dari basis penggemar BTS dengan penggemar membuat meme mereka sendiri dan konten positif tentang kemitraan di media sosial," katanya.

Flatley menjelaskan bahwa kemitraan tersebut akan mengikuti model dari sistem rilis lagu K-Pop yang khas, yaitu dengan jadwal rilis, foto teaser, dan banyak lagi. Seperti comeback idol K-Pop, mereka akan mengirimkan banyak konten di balik layar mingguan dengan BTS yang dapat dilihat di aplikasi McDonald's.

Selain itu, mereka akan memanjakan ARMY dengan koleksi merchandise baru. Flatley menyebut bahwa photocard adalah salah satu item yang ingin mereka tawarkan. Bukan itu saja, koleksinya nanti akan mencakup pakaian, tas, hingga case AirPods dan alat tulis. Koleksi merchandise BTS x McDonald's akan tersedia untuk pre-order mulai 27 Mei pukul 8.00 Waktu Korea. (Jihan Karina Lasena)

3 dari 3 halaman

Kiprah Awal BTS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.