Sukses

TikTok Rilis Program Edukasi Pengembangan Bisnis Digital untuk 50 Ribu UKM, Simak Cara Daftarnya

Selain 10 kelas online gratis, pelaku UKM juga bisa memenangkan saldo iklan di TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Go digital jadi salah satu seruan yang nyaring terdengar, terutama di masa pandemi. Dorongan ini juga berlaku bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), tidak semata terjun, tapi juga bagaimana bisa merangkul ranah digital sebagai perpanjangan strategi dalam mengembangkan bisnis.

Berangkat dari semangat itu, TikTok, dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Perindustrian, menggagas program #MajuBarengTikTok. Dalam praktiknya, rpogram itu memfasilitasi 50 ribu UKM mengikuti rangkaian kelas edukasi digital dan bantuan finansial berupa TikTok Ads Credit bagi UKM terpilih.

"Targetnya memang 50 ribu UKM, tapi semoga bisa lebih," kata Pandu Nitiseputro, Head of SMB TikTok Indonesia, dalam jumpa pers virtual, Kamis (27/5/2021). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa naninya akan ada 10 kelas online gratis bagi pelaku UKM, mulai dari beginner sampai advance. Kelas-kelas itu terbagi dalam empat kategori besar. Pertama, Kelas Digital Marketing, yang materinya berupa intro bisnis maupun toko online, kelas media sosial, dan strategi digital marketing.

Kemudian, Kelas Konten Kreatif akan membahas praktik terbaik dalam membuat konten dan cara membuatnya. Ketiga, Kelas TikTok Business Account yang bakal memperkenalkan apa itu akun bisnis di platform tersebut dan bagaimana memanfaatkannya.

Terakhir, Kelas TikTok Ads, berupa pengenalan, cara memulai TikTok Ads, dan berkampanye melalui optimalisasi. "Jadi bisa membangun traffic dan menyebarkan awareness," ujar Pandu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Daftarnya?

Program edukasi bagi UKM ini akan berlangsung secara virtual pada 3--29 Juni 2021. "Dilakukan dalam format webinar yang akan dihadiri para pembicara ahli di bidang marketing, e-commerce, creative agency, konten kreator, serta perwakilan UKM. Sebagian kelas juga akan ditayangkan via Livestream di TikTok," Pandu menguraikan.

Kemudian, mulai 1 Juli 2021, semua vieo yang direkam dalam webinar akan ditayangkan secara gratis di laman majubarengtiktok.com dan bisa diakses kapan pun. "Sertifikat digital juga akan ditawarkan di akhir rangkaian kelas," imbuhnya.

Cara daftarnya, Pandu menjelaskan, sangat mudah. Langsung akses situs majubarengtiktok.com dan lihat berbagai pilihan kelas mana. Setelah itu, langsung pilih 'Daftar' dan ikuti langkah selanjutnya. "Setelah itu akan diatur oleh tim kami teknis untuk ikut kelasnya," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.