Sukses

6 Hidangan Vegetarian yang Bisa Dinikmati Saat Hari Raya Waisak

Ada enam hidangan vegetarian yang bisa disajikan saat Hari Raya Waisak. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan identik dengan makanan enak.  Lihatlah beberapa hidangan vegetarian yang wajib disajikan saat Waisak. Hari Waisak dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha.

Penting juga bagi umat Buddha untuk melakukan perbuatan baik pada hari itu juga, dan menjadi vegetarian pada Hari Raya Waisak adalah salah satunya.

Entah karena alasan agama atau bukan, tidak diragukan lagi masakan nabati lebih sehat untuk tubuh manusia. Melansir dari Food Panda, Selasa, 25 Mei 2021,  berikut enam hidangan sayur yang enak dan sehat yang bisa Anda nikmati saat merayakan Hari Raya Waisak.

1. Gado-Gado

Gado-gado adalah salad tradisional Indonesia, dan namanya secara harfiah berarti campur-campur dalam bahasa Indonesia. Hidangan ini menyajikan campuran sayuran berwarna-warni, termasuk kentang, kacang panjang, bayam, tauge, jagung, dan kubis.

Bahan lain seperti tahu goreng, tempe, telur dan lontong juga ditambahkan. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kacang sebelum disajikan. 

2. Lumpia Sayuran

Hidangan lumpia sayuran berasal dari China dan merupakan hidangan pokok di banyak restoran China di Malaysia. Lumpia biasanya diisi dengan bahan-bahan seperti kol, wortel, selada, ketimun dan tauge, dan biasanya disajikan dengan saus celup pedas yang nikmat.

Lumpia bisa digoreng atau mentah, tergantung selera masing-masing. Bagaimanapun, hidangan ini pasti akan memberikan santapan Anda di Hari Waisak dengan tendangan ekstra yang tak terlupakan.

3. Mi Quang

Hidangan tradisional Vietnam, Mi Quang adalah hidangan berbahan dasar mi yang menggugah selera yang dibumbui dengan kunyit dan sayuran segar khas Vietnam seperti air mint, ketumbar, kemangi, irisan bunga pisang, dan selada.

Meskipun banyak variasi Mi Quang, di mana beberapa termasuk ayam, babi, daging sapi, udang atau ikan, tersedia pilihan vegetarian. Nikmati semangkuk Mi Quang Vegetarian di Hari Raya Waisak, dan yakinlah rasanya sama enaknya dengan daging.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kari Sayuran

Kari India adalah salah satu kari terlezat yang bisa ditemukan di negara ini. Kari sayur mereka adalah salah satu yang tidak boleh diremehkan karena bahkan dengan bahan nabati yang sederhana.

Kari sayur bisa dimakan dengan roti canai, naan, atau sesederhana sepiring nasi putih rumahan. Biasanya dimasak dengan sayuran segar seperti terung dan kembang kol, sayuran ini akan menyerap rasa kari, menambah rasa pada teksturnya yang renyah. 

5. Dal

Makanan pokok utama dalam masakan India, dal dapat ditemukan di restoran India mana pun atau bahkan kedai mamak di Malaysia. Dal dimasak menggunakan bumbu yang berbeda seperti kunyit, masala, ketumbar dan lentil. Sayuran lain seperti cabai, tomat, bawang bombay, dan sebagainya sering ditambahkan penyedap rasa.

Hidangan seperti saus ini selalu disajikan dengan roti canai, dan juga cocok dengan nasi putih. Meski terbuat dari 100 persen bahan nabati, namun memiliki aroma yang kuat dan tekstur yang kental akan mengisi perut Anda.

6. Sayuran Panggang

Meskipun masakan ini terdengar membosankan, tapi rasanya tidak. Bahan-bahan seperti tomat, brokoli, wortel, kembang kol, paprika, dan sebagainya paling baik digunakan untuk menyiapkan hidangan ini.

Selain itu, cara pembuatannya pun sangat mudah, setelah menyiram sayuran dengan sedikit minyak, garam dan merica, masukkan ke dalam oven dan tunggu hingga matang. Hidangan vegetarian yang sederhana namun lezat siap disajikan dalam waktu singkat. Hidangan ini paling enak dimakan dengan nasi putih, dan juga dengan nasi masakan sendiri.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.