Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik tentang Kota Semarang yang Pernah Dijuluki Venesia-nya Jawa

Top 3 Berita Hari Ini, fakta menarik Semarang, objek wisata di Bandung tutup sementara dan Cafe Dangdut di New York.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Kota Semarang. Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Kota Semarang memiliki luas wilayah administratif sebesar 373,70 km persegi, sehingga merupakan administrasi kotamadya terluas di Pulau Jawa. Penamaan Kota Semarang ini sempat berubah saat zaman kolonialisme Hindia Belanda menjadi "Samarang".

Semarang merupakan satu dari tiga pusat pelabuhan (Jakarta dan Surabaya) penting bagi Hindia Belanda sebagai pemasok hasil bumi dari wilayah pedalaman Jawa. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang objek wisata di Bandung yang tutup sementara.

Menurut Wakil Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Dadang Iriana, penutupan itu berlangsung pada 23 Mei--1 Juni 2020 berdasarkan surat pemberitahuan yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

Keenam objek wisata yang dimaksud adalah Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Waterland, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang Café Dangdut di New York, Amerika Serikat.

Kafe tersebut turut mempromosikan musik dangdut dan kopi Indonesia. Kehadiran Cafe Dangdut turut diapresiasi Menparekraf Sandiaga Uno. Kafe tersebut merupakan dorongan agar musik dangdut dapat pengakuan resmi UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ulasan selengkapnya.

6 Fakta Menarik tentang Kota Semarang yang Pernah Dijuluki Venesia-nya Jawa

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Kota ini terletak sekitar 558 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 621 km sebalah barat daya Banjarmasin (via udara).

Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Demak di sebelah timur, Kabupaten Semarang di sebelah selatan, dan Kabupaten Kendal di sebelah barat. Kota Semarang memiliki luas wilayah administratif sebesar 373,70 km persegi, sehingga merupakan administrasi kotamadya terluas di Pulau Jawa.

Selanjutnya…

6 Objek Wisata di Bandung Tutup Sementara

Meminimalkan kerumunan demi mencegah transmisi COVID-19, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Bandung menutup sementara enam objek wisata di ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut, menurut laporan Antara, Selasa (25/5/2021).

Wakil Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Dadang Iriana, menjelaskan bahwa penutupan itu berlangsung pada 23 Mei--1 Juni 2020 berdasarkan surat pemberitahuan yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

Selanjutnya…

Cafe Dangdut di New York Promosikan Musik dan Kopi Indonesia

Gaung kekayaan kuliner dan budaya Indonesia tidak hanya bergema dalam skala nasional, tapi juga mancanegara. Salah satunya dengan kehadiran Cafe Dangdut di New York, Amerika Serikat (AS) yang turut mempromosikan musik dangdut dan kopi Indonesia.

Kehadiran Cafe Dangdut turut diapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Kafe ini berupaya memperkenalkan musik dangdut lewat budaya konsumsi kopi yang jadi kebiasaan sebagian besar warga AS.

Selanjutnya…

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.