5 Resep Es Teh Sehat dari Ahli Gizi

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2021, 04:01 WIB
Diperbarui 26 Mei 2021, 04:01 WIB
es teh mint
Perbesar
Ilustrasi es teh mint./Copyright pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta - Minum segelas es teh di tengah hari bolong adalah kenikmatan tiada dua. Kesan melegakan tanpa meninggalkan rasa berat di lidah membuat minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca terik.

Lebih dari itu, teh mengandung antioksidan dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Teh juga dapat membantu mempertahankan mineral yang hilang, sekaligus menghidrasi tubuh.

Menambah kenikmatan dalam mengonsumsi teh, ahli gizi, Gaura Anand, membagikan resep es teh sehat yang bisa Anda coba di rumah. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Pinkvilla, Jumat, 21 Mei 2021.

1. Es teh hibiscus ginseng

Es teh hibiscus ginseng adalah teh rendah kalori yang menyegarkan, sekaligus meremajakan tubuh. Perpaduan bahan teh ini sangat sempurna untuk menghilangkan dahaga di hari yang panas.

Bahan:

1 sendok teh ginseng

1--2 kuntum hibiscus

1 gelas air

Secukupnya es batu

Cara membuat:

Rebus air, masukan teh dan bunga. Didihkan selama 3--4 menit dan saring. Biarkan di lemari es selama 1--2 jam. Sajikan dingin dengan es.

2. Es teh mint

Es teh mint adalah pilihan minuman yang dapat meremajakan tubuh. Karena rendah kalori, minuman ini cocok dikonsumsi Anda yang sedang diet. Diberi rasa mint, teh ini jadi suguhan yang segar di cuaca panas.

Bahan:

2 kantong teh hijau

3--4 lembar daun mint

1 gelas air

Secukupnya es batu

Cara membuat:

Didihkan air dalam panci dan rendam kantong teh hijau ke dalamnya selama 2--3 menit. Angkat kantong teh dan tambahkan daun mint. Biarkan di lemari es selama 1--2 jam. Sajikan dingin dengan es.

 

3. Es Teh Melati, Mint, dan Lemon

ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
Perbesar
ilustrasi lemon/pixabay

Teh melati yang diberi perasan lemon dan daun mint memang tidak diragukan lagi rasa beserta aromanya. Jenis teh ini juga mampu merevitalisasi tubuh Anda.

Bahan:

2 kantong teh hijau

2 kantong teh melati

2--3 lembar daun mint segar

1 sdt air jeruk nipis

5 gram gula merah

Secukupnya es batu

Cara membuat:

Rebus semua kantong teh dan daun mint dalam air mendidih selama beberapa menit. Kemudian, saring teh dan tuangkan ke dalam teko besar. Campur dengan air lemon, gula merah, dan tambahkan air dingin. Dinginkan di kulkas selama dua jam. Sajikan bersama es batu dengan tangkai daun mint.

4. Es Teh Jeruk Jahe

buah jeruk
Perbesar
ilustrasi jeruk/Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Teh jeruk jahe adalah minuman kombinasi penuh manfaat. Jeruk dan jahe kaya akan antioksidan yang sanggup meningkatkan sistem imun.

Bahan:

1 kantong teh hijau

1--2 irisan tipis jahe

1/4 cangkir air jeruk

1 cangkir air

Secukupnya es batu

Cara membuat:

Rebus air bersama teh celup dan irisan jahe. Angkat, tutup, dan biarkan meresap selama beberapa menit. Tambahkan jus jeruk, aduk merata, dan sajikan dengan es batu.

5. Es Teh Jahe Peach

Buah peach
Perbesar
Ilustrasi buah peach. (Photo by LUM3N on Unsplash)

Es teh satu ini baik untuk kecantikan kulit. Peach tinggi akan antioksidan, seperti vitamin A dan C, yang membantu mencegah proses penuaan.

Bahan:

20 gram buah peach

2,5 gram jahe parut

1 sdt air jeruk nipis

Secukupnya es batu

Cara membuat:

Masukkan buah peach dan jahe ke dalam panci. Masak selama beberapa menit sampai peach pecah dan kenyal. Tambahkan air dan perasan jeruk nipis. Haluskan campuran ini dalam blender. Isi gelas dan hidangkan dengan es batu. (Jihan Karina Lasena)

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Perbesar
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓