Wajib Tahu, Ini Cara Belanja Online Biar Hemat

Oleh Reza pada 25 Mei 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 18:15 WIB
Mencari Promo Belanja Online
Perbesar
Ilustrasi Belanja Online Credit: unsplash.com/Jack

Liputan6.com, Jakarta Belanja online membuat semua keperluan terasa lebih mudah. Kamu tak perlu lagi pergi ke pasar swalayan atau mal untuk mencari barang yang kamu butuhkan. 

Cukup membuka aplikasi marketplace, kamu sudah bisa temukan ratusan bahkan ribuan produk - produk yang dibutuhkan.  Namun, kemudahan itu kerap membuat sebagian orang jadi lebih boros. Tinggal pilih ini dan itu. 

Nah, agar lebih hemat, berikut beberapa tips belanja online untuk kamu:

Catat kebutuhan yang ingin dibeli

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat barang kebutuhan yang ingin dibeli. Mulai dari kebutuhan bulanan, seperti sembako, kebutuhan mandi, sampai obat - obatan. 

Nah, kecenderungan beberapa orang memang telah mencatat barang kebutuhan yang akan dibeli, namun karena ada barang yang diinginkan, mereka melenceng dari hal yang seharusnya dilakukan Setelah dicatat, pilih barang - barang yang akan dibeli. 

Sesuaikan budget

Setelah mencatat barang yang dibutuhkan untuk dibeli, saatnya mengkalkulasi sesuai dengan budget. Hal itu bisa merampingkan pengeluaran untuk belanja online bulanan. Sebagai contoh, jika budget pas - pasan kamu perlu membeli produk yang sesuai dengan budget. Lebih murah tentunya. 

Tak hanya itu, dengan menentukan budget belanja online. Jika dirasa ada sisa uang, kamu bisa membeli barang keinginanmu, pakaian misalnya. 

Manfaatkan promo

Dengan aplikasi untuk belanja bulanan online, pengguna hanya perlu sering membuka aplikasi untuk mendapatkan kabar terbaru mengenai promo dan diskon.

Misalnya seperti yang ada di Tokopedia. Dengan adanya program Waktu Indonesia Belanja (WIB), para pengguna Tokopedia bisa mendapatkan produk unggulan menarik dengan harga diskon. 

Program yang dimulai pada 25 - 31 Mei 2021 ini bakal menampilkan ribuan produk menarik yang bisa kamu miliki. Belum lagi ada flash sale di Tokopedia. Kamu bisa mendapatkan barang - barang menarik dengan potongan promo. 

Bicara ongkos kirim, tenang dengan kolaborasi antara Tokopedia dan GoJek, kamu bakal berkesempatan mendapatkan promo bebas ongkir. Kamu cukup masukan Kode Promo GOSEND, kamu bisa mendapatkan diskon dan free ongkir lho. 

Buruan, buka aplikasi Tokopedia sekarang juga!

 

(*)