Sukses

6 Objek Wisata di Bandung Tutup Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Meminimalkan kerumunan demi mencegah transmisi COVID-19, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Bandung menutup sementara enam objek wisata di ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut, menurut laporan Antara, Selasa (25/5/2021).

Wakil Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Dadang Iriana, menjelaskan bahwa penutupan itu berlangsung pada 23 Mei--1 Juni 2020 berdasarkan surat pemberitahuan yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

"Sesuai arahan dari pusat, dari presiden. Ini juga aspirasi dari masyarakat dan di lapangan juga terjadi kerumunan luar biasa," kata Dadang, menambahkan bahwa pihaknya mulai melihat peningkatan kasus positif virus corona baru di Kota Bandung.

Keenam objek wisata yang dimaksud adalah Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Waterland, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Menurut data Satgas, angka penambahan kasus sudah menyentuh angka 97 orang dalam satu hari. "Mudah-mudahan dengan keluarnya surat itu bisa berkurang," harapnya.

Kendati surat tersebut sifatnya pemberitahuan, sambung Dadang, namun jika ada objek wisata yang beroperasi di periode tersebut, pihaknya tak segan memberi sanksi. "Sanksinya bertahap, nanti Satpol PP yang bertindak," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Humas Kebun Binatang Bandung, Aan Sulhan, mengatakan bahwa pihaknya siap memenuhi instruksi Satgas untuk sementara menutup pintu mereka bagi pengunjung. Pihaknya telah efektif tidak menerima kunjungan sejak Minggu, 23 Mei 2021.

Waktu tutup sementara ini, kata Aan, akan dimanfaatkan pihak Kebun Binatang Bandung untuk meningkatkan fasilitas dan kenyamanan para pengunjung hingga akhirnya bisa dikunjungi kembali. "Kalau rugi, jelas rugi. Tapi, kita tidak boleh egois," tuturnya.

Ini tentu bukan kali pertama kebijakan penutupan sementara objek wisata berlaku di Bandung. Juga untuk mencegah transmisi virus corona baru, penutupan sementara sebelumnya sempat berlaku di kawasan Lembang, Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung, khususnya Ciwidey.

3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.