6 Objek Wisata di Bandung Tutup Sementara

Oleh Asnida Riani pada 25 Mei 2021, 12:02 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 12:02 WIB
Bayi Lutung
Perbesar
Remon, bayi lutung yang lahir di masa pandemi Covid-19 tengah bermain di kandangnya. Lutung tersebut menjadi penghuni baru Kebun Binatang Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta - Meminimalkan kerumunan demi mencegah transmisi COVID-19, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Bandung menutup sementara enam objek wisata di ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut, menurut laporan Antara, Selasa (25/5/2021).

Wakil Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Dadang Iriana, menjelaskan bahwa penutupan itu berlangsung pada 23 Mei--1 Juni 2020 berdasarkan surat pemberitahuan yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

"Sesuai arahan dari pusat, dari presiden. Ini juga aspirasi dari masyarakat dan di lapangan juga terjadi kerumunan luar biasa," kata Dadang, menambahkan bahwa pihaknya mulai melihat peningkatan kasus positif virus corona baru di Kota Bandung.

Keenam objek wisata yang dimaksud adalah Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Waterland, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Menurut data Satgas, angka penambahan kasus sudah menyentuh angka 97 orang dalam satu hari. "Mudah-mudahan dengan keluarnya surat itu bisa berkurang," harapnya.

Kendati surat tersebut sifatnya pemberitahuan, sambung Dadang, namun jika ada objek wisata yang beroperasi di periode tersebut, pihaknya tak segan memberi sanksi. "Sanksinya bertahap, nanti Satpol PP yang bertindak," tuturnya.

Bukan Kali Pertama

Kisah Keponakan Raffi Ahmad Jadi Orangtua Asuh Harimau Benggala
Perbesar
Alshad Ahmad diberi kepercayaan oleh pengelola Kebun Binatang Bandung untuk mengasuh Harimau Benggala (Foto: Dok Alshad Ahmad).

Humas Kebun Binatang Bandung, Aan Sulhan, mengatakan bahwa pihaknya siap memenuhi instruksi Satgas untuk sementara menutup pintu mereka bagi pengunjung. Pihaknya telah efektif tidak menerima kunjungan sejak Minggu, 23 Mei 2021.

Waktu tutup sementara ini, kata Aan, akan dimanfaatkan pihak Kebun Binatang Bandung untuk meningkatkan fasilitas dan kenyamanan para pengunjung hingga akhirnya bisa dikunjungi kembali. "Kalau rugi, jelas rugi. Tapi, kita tidak boleh egois," tuturnya.

Ini tentu bukan kali pertama kebijakan penutupan sementara objek wisata berlaku di Bandung. Juga untuk mencegah transmisi virus corona baru, penutupan sementara sebelumnya sempat berlaku di kawasan Lembang, Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung, khususnya Ciwidey.

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓