Sukses

Berlian Ungu Merah Muda Dilelang Seharga Rp420 Miliar di Hong Kong

Berlian sakura dengan warna ungu merah muda dilelang di Hong Kong senilai Rp420 miliar. Apa istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta - Berlian selalu mencuri perhatian banyak orang, salah satunya berlian permata berwarna ungu merah muda yang dilelang di Hong Kong. Berlian yang dijuluki  “The Sakura” memiliki 15,18 karat dijual seharga 29,3 dolar AS atau senilai Rp420 miliar.

Menurut balai lelang Christie's, berlian tersebut adalah terbesar dari jenisnya. Batu yang dipasang pada cincin platinum sederhana digolongkan sebagai cacat internal, berarti bahwa noda apa pun hanya terlihat dengan perbesaran secara dekat.

Ketua Departemen Perhiasan Chrsitie, Vickie Sek menggambarkan untuk penjualan pada Minggu, 23 Mei 2021 itu sebagai babak penting dalam sejarah lelang perhiasaan. Sebelum penjualan, Sek menjelaskan bahwa batu tersebut “persis” dengan warna bunga sakura yang berada di Jepang.

Selain itu, ia menambahkan bahwa sangat jarang berlian merah muda diklasifikasikan sebagai tanpa cacat internal, karena biasanya mengandung "banyak butiran."

Untuk ukuran batu berlian permata ini menjadikannya penemuan yang tidak biasa, Christie's mencatat bahwa kurang dari 10 persen berlian merah muda memiliki berat lebih dari 0,2 karat. Juru lelang di sana mengatakan ini juga diklasifikasikan sebagai "fancy vivid", ukuran warna intens yang dicapai hanya dengan empat persen berlian merah muda.

Sementara itu, label harga akhir berlian ini lebih dari 226 juta dolar Hong Kong atau seharga Rp417 miliar. Namun, harga tersebut ternyata jauh dari perkiraan awal dari rumah lelang Hong Kong senilai 300 juta dolar Hong Kong atau setara Rp554 miliar. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlian Lain

Berlian permata ini hadir dalam berbagai corak yang berbeda, salah satunya bebatuan seperti “The Sakura”yang terkenal dengan warna ungu. Sek, pertama bertanggung jawab atas jumlah yang lebih besar dipelelangan, menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang mengatakan berlian tersebut lebih langka.

Pada 2017, terdapat berlian lain seperti berlian merah muda memiliki 59,6 karat terjual dengan rekor 71,2 juta dolar AS atau sekitar Rp1 triliun di Sotheby's Hong Kong. Berlian ini dibeli oleh galeri perhiasan Hong Kong, Chow Tai Fook dan dinamai "CTF Pink Star" menjadi berlian poles termahal dengan warna apa pun untuk dilelang.

Untuk di tempat lain cincin berlian merah muda berbentuk hati kedua harganya lebih dari 50 juta dolar Hong Kong atau seharga Rp. 92 miliar pada Minggu 23 Mei 2021. Tak hanya itu, mereka menjual kalung liontin berlian dibeli seharga hampir 21 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp38 miliar.

Sementara itu, terlepas dari jumlah besaran yang dicapai oleh situs pelelang khususnya berlian, pandemi virus corona telah mempengaruhi pasar perhiasan global dalam satu tahun terakhir. Menurut penelitian Bain & Co, pendapatan dari penjualan berlian menurun secara global sebesar 15 persen pada 2020 bahkan di Amerika Serikat, penjualan perhiasan anjlok hingga 40 persen pada kuartal kedua tahun tersebut. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Infografis Gejolak Panjang di Hong Kong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.