Leeteuk dan Yesung Super Junior Kenakan Batik Jawa Barat Rancangan Ridwan Kamil

Oleh Komarudin pada 25 Mei 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 07:29 WIB
Leeteuk
Perbesar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami mengunggah potret Leeteuk sedang mengenakan batik Jawa Barat hasil desainannya (Dok.Instagram/z@ridwankamil/https://www.instagram.com/p/CPQOW8EHJFp/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah akun Instagram bintang Korea, K-Pop Leeteuk dan Yesung Super Junior yang sedang mengenakan batik, Senin, 24 Mei 2021. Batik tersebut merupakan hasil desainnya.

Dalam unggahan yang ditulis dalam bahasa Korea, Leeteuk menyampaikan terima kasih mendapatkan kado batik dari Ridwan Kamil.

"Terima kasih kepada Ridwan Kamil yang telah mendesain batik ini. Jawa Barat dan Indonesia Terima kasih. Aku mencintaimu # indonesia ## 🤗😍 😘," tulis Leeteuk dalam bahasa Korea.

Berbeda dengan Leeteuk, Yesung menulis keterangan dalam bahasa Indonesia. Kata-kata yang ditulis Yesung, tak jauh berbeda dengan yang ditulis Leeteuk.

"Apakah cocok untukku? Terima kasih kepada #RidwanKamil yang merancang batik ini. Terima kasih untuk Java Barat dan Indonesia. aku cinta kamu 💙," tulis Yesung dengan memberi tagar #BatikJawaBarat #JabarJuara #SmilingWestJava.

Unggahan dua bintang K-Pop itu langsung dibanjiri komentar dari para penggemarnya. Tak ketinggalan penyanyi Rossa pun mengucapkan terima kasih karena batik Jawa Barat dikenakan oleh bintang terkenal Korea itu.

"❤️❤️❤️😮😮😮😮😮 Kang Leeteuk hatur nuhun," tulis Rossa. Sejumlah penggemar Leeteuk dari Indonesia yang lain pun mengungkapkan kebanggaannya. "Aku bangga ❤️❤️❤️❤️," katanya dengan memberi emoji empat hati. "Dah cocok diajak kondangan," tulis penggemar Yesung.

Desainan Ridwan Kamil

Yesung
Perbesar
Yesung, Super Junior kenakan batik Jawa Barat hasil desainan Ridwan Kamil (dok.instagram/@yesung1106/https://www.instagram.com/p/CPQDdg9FsXI/Komarudin)

Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada dua personel Super Junior, Leeteuk dan Yesung. Kang Emil mengungkapkan batik yang dikenakan mereka hasil desainannya.

"GLOKAL. Thank you KPop stars @xxteukxx and @yesung1106 of @superjunior for wearing west java batik @batikkomar that i designed. (GLOKAL. Terima kasih kepada bintang K-Pop @xxteukxx dan @yesung1106 dari Super Junior yang mengenakan batik jawa barat @batikkomar yang saya desain)," komentar Kang Emil.

"You are now officially ready for “pergi kondangan” or “ikut pilkada” in Indonesia (Sekarang kalian resmi siap untuk "pergi kondangan" atau "ikutpilkada" di Indonesia)," imbuhnya.

Dalam unggahan itu, Kang Emil melontarkan guyonan kepada gadis-gadis di Indonesia. Tak lupa ia mengajaak untuk menjadikan batik makin mendunia.

"Buat gadis2 Indonesia, dengan ini mereka terlihat lebih melokal dan tentunya lebih terjangkau. 😀," tulisnya. "Mari semangat jadikan batik indonesia mendunia. Saya menggunakannya untuk diplomasi budaya," imbuhnya.

Dalam unggahan itu, Leeteuk mengenakan batik bermotif Garuda Kujang Kencana. Sementara Yesung berwarna hijau kuning dengan dibalut blazer batik warna merah.

Infografis Batik Dunia

infografis batik dunia
Perbesar
Batik-batik Berbagai Negara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓