5 Jus yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Usai Pulih dari Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 24 Mei 2021, 05:04 WIB
Diperbarui 24 Mei 2021, 05:04 WIB
Ilustrasi jus
Perbesar
Jus peningkat sistem imun tubuh (Dok. Photo Mix/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga sistem imun tubuh sangat berguna bagi kesehatan, baik bagi mereka yang pernah maupun belum terinfeksi Covid-19. Dengan sistem imun yang kuat, seseorang bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Salah satu cara menjaga sistem imun yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayur dan buah. Anda bisa menjadikannya sebagai jus.

Jus sayur dan buah sarat dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Itu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Virus Covid  dapat mempengaruhi sistem pencernaan secara langsung sehingga menyebabkan kerusakan jaringan dan peradangan di perut.

Jus segar dapat dengan cepat diserap oleh sistem pencernaan, memberikan efek menenangkan, dan menyembuhkan. Nutrisi masuk ke aliran darah dengan cepat, sehingga anda akan mendapatkan manfaatnya dengan cepat pula.

Jus sangat direkomendasikan selama pemulihan dari infeksi virus corona karena minuman ini dapat memberikan berbagai nutrisi, antioksidan, dan senyawa penangkal radikal bebas untuk mencegah peradangan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ritu Khaneja, ahli gizi Terapeutik dan Pendiri RightKcalories, membagikan beberapa resep jus sehat yang bisa dibuat di rumah seperti dikutip dari laman Pink Villa, Rabu 19 Mei 2021, berikut ini.

1. Jus tomat dan mint

[Bintang] Awas Kolesterol Terlalu Tinggi Juga Bisa Menyebabkan Xanthelasma!
Perbesar
Jus Tomat : via : drleonardcoldwell.com

Perpaduan ini menciptakan minuman antioksidan super dan mengatur pencernaan Anda. Cara membuatnya yaitu haluskan empat buah tomat dan dua hingga tiga tangkai daun mint dengan segelas air. Anda dapat langsung meminumnya dan merasakan sensasi dingin dari mint.

2. Jus jeruk nipis manis, nanas, dan apel hijau

Jus ini kaya akan Vitamin C dan kalsium. Nutrisi itu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pencernaan. Haluskan dua jeruk nipis, 200 gram nanas, dan sebuah apel hijau cincang. Tambahkan satu sdt garam batu ke dalamnya. Jus yang nikmat siap diminum.

3. Jus kiwi, stroberi, dan jeruk

Jus tinggi antioksidan ini bakal buat sistem kekebalan tubuh anda meningkatkan, membantu mengelola tekanan darah, dan mencegah datangnya penyakit lainnya. Campurkan satu cangkir stroberi yang dibelah dua, dua buah kiwi, satu buah jeruk dibuang bijinya, 1/2 cangkir air, dan satu sdt madu, lalu haluskan. Jus satu ini akan segarkan hari Anda.

4. Jus kunyit, jahe, lemon, dan jeruk

Semua ramuan dalam jus ini mengandung senyawa anti inflamasi yang memiliki khasiat antivirus dan antibakteri. Campur Kunyit, jahe, lemon dan jeruk menjadi satu. Rempah-rempah di dalamnya hangatkan tubuh.

5. Jus mentimun, bayam, seledri, jahe, dan lemon

Jus hijau ini membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem pencernaan anda. Haluskan dua timun yang dikupas, 100 gram daun bayam, empat batang seledri, serta 2,5 cm jahe bersama-sama dan tambahkan 1/2 jus lemon ke dalamnya. 

Jus-jus tersebut dapat dipilih salah satu dan diminum tiga kali sehari. Semua jus ini meningkatkan pH sehingga akan meningkatkan energi Anda. Jus-jus itu juga akan mengontrol kolesterol karena mengandung serat makanan tingkat tinggi dan tidak mengandung lemak jenuh atau natrium. (Jihan Karina Lasena)

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓