Sukses

Desainer Grafis Jepang Ciptakan Krayon Berbahan Sayuran, Diklaim Aman untuk Anak-Anak

Krayon nabati yang diciptakan desainer grafis Jepang itu memanfaatkan 10 macam sayuran dan buah.

Liputan6.com, Jakarta - Naoko Kimura, seorang desainer grafis sekaligus pemilik studio desain Mizuiro Jepang, berinovasi dengan menciptakan krayon dari bahan yang ramah lingkungan dan pastinya aman untuk anak. Jika biasanya krayon terbuat dari lilin, Mizouri Naoko berhasil menciptakan krayon berbahan dasar sayuran dan buah.

Dilansir dari situs resmi Mizuiro, oyasai-crayon.com, Rabu, 19 Mei 2021, ide untuk membuat krayon dari bahan alami ini bermula ketika ia menyiapkan makan malam pada 2011. Saat sedang memasak makan malam untuk keluarganya, ia mendapati banyak sekali sisa sayuran dan buah yang tak terpakai.

Ia pun mulai berpikir bagaimana cara mengolah sisa sayuran dan buah tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Sebagai seorang ibu yang memiliki anak kecil, ia kerap khawatir karena anaknya beberapa kali hampir memakan krayon berbahan dasar lilin.

Melihat kondisi ini, ia berpikir jika limbah sayur dan buah yang ada di dapurnya digunakan sebagai bahan dasar untuk mewarnai, mungkin akan menyenangkan.

"Anak-anak selalu mudah tertarik dengan sesuatu yang berwarna-warni, ketika mereka mulai tertarik biasanya mereka akan memasukkannya ke dalam mulut. Krayon jadi salah satu hal yang dekat dengan anak-anak dan menurutku tidak aman karena terbuat dari lilin," ujar Naoko.

"Saat menyiapkan makan malam aku melihat warna-warna dari sayuran dan buah itu sangat cantik dan berpikir akan sangat menyenangkan menggambar dengan warna sayuran," tambahnya

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Harganya?

Berangkat dari ide tersebut, Naoko mulai mencoba membuat krayon berbahan alami yang diberi nama Oyasai Crayon standard. Saat mengembangkan krayon tersebut, Naoko mengadopsi pendekatan “mengutamakan anak-anak” dengan tujuan menciptakan produk aman untuk anak-anak, membantu anak-anak berpikir tentang alam, dan menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Krayon itu terbuat dari sepuluh jenis sayuran dan buah. Adapun bahan-bahan tersebut adalah kubis, daun bawang, ubi Cina, akar gobo, jagung, anggur hitam, ubi jalar, arang bambu, wortel, dan juga apel. Sayur dan buah-buahan yang digunakan ini akan menghasilkan warna merah, kuning, hijau, oranye, ungu, hitam dan masih banyak lagi.

Oyasai Crayon standard dibuat di pabrik krayon yang sudah lama berdiri di Kota Nagoya, Prefektur Aichi, oleh para pengrajin. Krayon nabati ini dibuat dengan proses manufaktur yang sesuai dengan standar JIS atau item inspeksi yang berfungsi sebagai standar kekuatan krayon.

Krayon nabati rumahan ini menawarkan kualitas andal yang diklaim dibuat dengan sangat teliti dan higienis. Jumlah pigmen yang digunakan dalam krayon kurang dari sepertiga atau setara dengan jumlah yang digunakan dalam makanan. Krayon nabati Oyasai Crayon standard dijual di toko resmi mizuiro.inc secara online dengan harga 2.200 yen atau sekitar Rp288 ribu, sudah termasuk pajak. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Jurus Kelola Sampah ala Risma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.