Sukses

Cara Menyimpan Sayuran supaya Segar Lebih Lama, dari Kangkung sampai Tomat

Tidak semua sayuran akan segar lebih lama saat disimpan di dalam kulkas.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semata bergantung pada kualitas, membuat sayuran segar lebih lama juga soal cara menyimpannya. Melansir laman Healthline, Kamis, 20 Mei 2021, pada dasarnya, beda jenis sayuran, beda pula cara menyimpannya.

Unlock Food mencatat bahwa beberapa sayuran bisa langsung disimpan di dalam kulkas, sementara ada juga yang perlu diproses sebelum dimasukkan ke lemari es. Lalu, sisanya justru lebih baik disimpan pada suhu ruang atau di tempat kering yang sejuk.

Dari sekian banyak jenis, berikut cara menyimpan beberapa sayuran supaya segar lebih lama, seperti dirangkum Unlock Food dan akun Instagram Kertabumi Recycling Center.

Kangkung dan Bayam

Sebaiknya jangan mencuci kangkung maupun bayam yang akan disimpan. Sebagai ganti, buang bagian batang dan bagian yang rusak.

Kemudian, simpan kangkung dan bayam yang telah dibersihkan ke dalam wadah kedap udara berlapis tisu maupun koran bekas. Masukan ke kulkas. Dengan cara ini, kangkung dan bayam bakal tetap segar selama 10 hari.

Jamur

Jamur paling baik disimpan dalam kantong kertas dan dimasukkan ke dalam kulkas. Lagi, sebaiknya jangan dicuci saat hendak disimpan. Dengan cara tersebut, jamur akan tetap segar selama empat hingga tujuh hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timun dan Terung

Berbeda dari sebelumnya, jangan menyimpan timun dan terung di dalam kulkas. Penyimpanan keduanya juga sebaiknya tidak disatukan dengan apel, melon, pisang, maupun buah lain yang mengandung gas etilen supaya tidak cepat matang atau busuk.

Alih-alih, simpan timun dan terung di suhu ruang, di sudut dengan pertukaran udara baik. Dengan begitu, kedua jenis sayuran ini akan tetap segar selama setidaknya dua minggu.

Tomat

Seperti timun dan terung, untuk tomat dengan rasa terbaik, simpan sayuran ini pada suhu kamar, di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Dengan begitu, tomat akan tetap segar hingga lima hari.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sebagian besar sayuran, seperti wortel, kentang, brokoli, lobak, kol, dan seledri harus disimpan dalam kantong atau wadah kedap udara di lemari es.

Hal yang sama berlaku untuk selada dan sayuran berdaun hijau lainnya yang akan bertahan dari tiga hari hingga seminggu, tergantung pada seberapa halus daunnya, saat disimpan di dalam kulkas.

Aturan penting lainnya, jangan menggabungkan tempat penyimpanan sayuran dengan buah. Selain itu, beberapa sayuran yang juga sebaiknya disimpan di dalam kulkas, yakni asparagus, seledri, paprika, kacang polong, dan brokoli. 

3 dari 3 halaman

Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.