Sukses

Art Moments Jakarta 2021 Digelar Hybrid, Catat Tanggalnya

Art Moments Jakarta 2021 berlangsung secara online dan offline di tiga galeri di ibu kota.

Liputan6.com, Jakarta - Art Moments Jakarta kembali menyapa para pecinta seni di 2021. Pameran seni yang berlangsung pada 20 Mei--30 Juni 2021 ini diselenggarakan hybrid, yakni secara online serta offline di tiga galeri ternama di Ibu Kota.

Pelaksanaan Art Moments Jakarta dan terlibatnya para seniman yang terus berkarya diapresiasi oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia menyampaikan, gelaran ini hadir sebagai produk industri kreatif yang mempromosikan seni rupa juga seni budaya Indonesia.

"Ini merupakan momen kebangkitan industri ekonomi kreatif, terutama di bidang kesenian yang akan dilakukan dengan pendekatan normal baru, seperti penerapan aturan CHSE yang ketat dalam pelaksanaan event dan pamerannya," kata Sandiaga Uno dalam sambutannya pada peluncuran dan konferensi pers virtual, Kamis (20/5/2021).

Sandi melanjutkan, perhelatan secara hybrid jadi upaya dalam beradaptasi dan berinovasi agar dapat menangkap peluang di tengah pandemi Covid-19, sehingga akses pasar akan terbuka lebih luas bagi para seniman Indonesia.

Chief Operating Officer of Art Moments Jakarta Sendy Widjaja, menjelaskan Art Moments Jakarta Online 2021 menampilkan karya seni, dari tradisional, modern, kontemporer. Ada pula karya dari media-media baru, seperti digital art, termasuk textile maupun sound art.

"Tujuan penyelenggaraan Art Moments Jakarta Online 2021 adalah supaya kita terus berupaya menjembatani dan mewadahi berbagai pelaku seni dari pemilik galeri, seniman, pecinta seni, hingga pembeli karya seni untuk mendukung popularitas mereka di kancah seni internasional," jelas Sendy.

Dikatakan Sendy, saat ini ada sebanyak 65 galeri dari dalam maupun luar negeri yang turut berpartisipasi pada Art Moments Jakarta tahun ini. Adapun target pengunjung adalah kolektor seni, pecinta seni, kalangan milenial, komunitas seniman dan berbagai komunitas lainnya dari akademisi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Digelar Online dan Offline di 3 Galeri

"Kami selaku penyelenggara dari Art Moments Jakarta Online memahami, di tengah pandemi saat ini kami sangat berhati-hati dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti prosedur swab test untuk seluruh kru yang terlibat, fogging sebelum acara, air purifier yang ditempatkan di beberapa lokasi acara," kata Sendy.

Menggelar pameran seni secara virtual tentu bukan tanpa halangan. Hal ini pun yang turut diakui oleh Sendy.

"Tantangan terbesar karena pandemi, kita melihat bagaimana para seniman bisa memamerkan karya kami mengadakan hybrid koordinasi sehingga untuk membangun mood para kolektor untuk memulai koleksi mereka lewat offline dengan protokol kesehatan yang ketat dan online," tutur Sendy.

Sementara, Art Moments Jakarta Online akan berlangsung 1--30 Juni 2021 dan dapat diakses melalui situs web www.artmomentsjakarta.com. Pengunjung dapat registrasi dahulu dan memilih karya yang ingin dilihat.

Untuk pameran offline, Art Moments Jakarta digelar di tiga galeri berbeda, pertama, pada 20--22 Mei 2021 di Art Space:1, Art:1, 2nd Floor, Jln. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jakarta Pusat. Kedua, 1--3 Juni 2021 di D Gallerie yang berlokasi di Jl. Barito I No. 3, Jakarta Selatan. Gelaran ketiga pada 18--20 Juni 2021 di CAN'S Gallery yang berada di Jl. Tanah Abang II No. 25, Jakarta Pusat.

 
3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.