Sukses

Trik Bikin Kamar Mandi Kembali Bersih dan Kinclong, Gampang Banget!

Untuk mencegah Anda dari kewalahan dalam mengurus kebersihan kamar mandi, mungkin bisa mencoba beberapa trik berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi merupakan bagian rumah yang perlu dibersihkan secara rutin. Tidak terhitung berapa kali kita menggunakan area ini, mulai dari mandi, buang air kecil dan besar, sikat gigi, mencuci tangan dan wajah serta aktivitas lainnya.

Begitu banyak bagian dan sudut kamar mandi yang perlu dibersihkan, membuat orang-orang kerap menunda-nunda atau bahkan enggak untuk membersihkan secara rutin. Padahal yang menikmati kebersihan kita sendiri bukan orang lain.

Untuk mencegah Anda dari kewalahan dalam mengurus kebersihan kamar mandi, mungkin bisa mencoba beberapa trik berikut ini.

1. Toilet

Jika Anda memiliki sisa minuman soda, jangan dibuang. Cairan ini ampuh membersihkan noda di toilet. Cukup tuangkan sisa minuman soda ke area yang ingin dibersihkan dan biarkan selama beberapa jam (atau semalaman). Setelah itu, cukup siram dengan air. 

2. Bau Menyengat

Soda kue adalah pembersih paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau toilet. Caranya, sebarkan beberapa sendok makan soda kue di bagian dalam toilet dan tunggu selama 10 menit. Lalu sikatlah. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes minyak esensial.

3. Lantai Kamar Mandi

Untuk membuat ubin kamar mandi Anda berkilau dan bersih, aplikasikan campuran jus lemon dan soda kue. Buat pasta dari 2 bahan sederhana ini dan gosok lantai, bak mandi serta shower Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kaca dan Dinding

Cipratan air dan udara kamar mandi kerapkali membasahi dinding dan meninggalkan bercak kaca. Bila dibiarkan terus bekasnya akan sulit dibersihkan. Oleh karena itu, pastikan untuk rutin mengelap dinding dan kaca setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, sisa uap atau cipratan noda bisa lebih mudah hilang 

5. Keran Air

Ada trik bagus dan murah yang dapat membantu Anda membersihkan lubang keran. Taruh potongan lemon segar di bibir keran (pastikan menempel kuat) dan diamkan selama satu jam. Lalu bilas dengan air mendidih.

 

3 dari 3 halaman

6. Sikat Gigi

Sikat gigi dan gagangnya merupakan benda paling kotor di rumah. Hidrogen peroksida solusinya, sebab bisa membunuh semua kuman berbahaya dan zat ini aman bagi manusia.

Cukup rendam bulu sikat dalam cairan tersebut selama satu jam dan tuangkan beberapa hidrogen peroksida di dalam cangkir te mpat sikat gigi untuk mencegah ujungnya kotor.

7. Sabun

Sabun cair dan batang bisa meninggalkan bekas yang mengganggu pemandangan. Jika lama tidak dibersihkan maka akan menjadi kerak keras. Segera bersihkan saat ada sabun menetes agar semuanya lebih bersih dan tidak menjadi kerak. 

8. Saluran Air

Penyebab saluran air kerap tersumbat adalah kumpulan rambut rontok. Maka dari itu, jangan malas untuk segera mengambil atau pastikan rontokan rambut dan kotoran lainnya terbuang sempurna agar tidak menggumpal. Jika tidak, maka air akan tersumbat dan mengambang di area mandi.

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh sebab itu, dengan rutin membersihkan bagian rumah maka telah melakukan aktivitas yang juga bernilai ibadah. Terlebih saat situasi mengharuskan untuk tidak keluar kemana-mana, maka #RumahBersihTerawat adalah kunci terciptanya kebahagiaan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.