7 Perawatan dan Trik Makeup untuk Atasi Tanda Penuaan di Area Kulit Mata

Oleh Liputan6.com pada 20 Mei 2021, 05:01 WIB
Diperbarui 20 Mei 2021, 05:01 WIB
Menjaga Kesehatan Mata
Perbesar
Ilustrasi Mata Credit: unsplash.com/Amanda

Liputan6.com, Jakarta - Sering tak disadari banyak hal kecil dapat membuat kulit area mata menjadi lelah, misalnya paparan sinar matahari. Kulit di daerah sekitar mata dibiarkan dapat menimbulkan masalah kulit yang lebih serius seperti kerutan dan garis halus.

Area mata adalah bagian yang menunjukkan tanda-tanda penuaan paling pertama. Kulit di sekitar mata sangat tipis berbeda dengan area kulit wajah lainnya, sehingga tanda penuaan lebih cepat terlihat. Tanda-tanda penuaan ini cukup sulit untuk diperbaiki dan dikembalikan seperti semula.

Beberapa perawatan dan trik makeup dapat diterapkan untuk mendapat tampilan mata yang segar secara instan. Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman AsiaOne, Selasa, 18 Mei 2021, berikut ini.

1. Pakai sunscreen

Sinar matahari dapat menyebabkan munculnya garis halus dan kerutan. SPF adalah pelindung terkuat untuk menghindari penuaan dari sengatan matahari. Gunakan sunscreen pada siang hari, antara 15--30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Meski di rumah saja, sunscreen tetap wajib digunakan. Anda bisa mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2--4 jam sekali setelah pemakaian awal agar perlindungan terhadap sinar UV tetap maksimal.

2. Gunakan krim mata

Kulit membutuhkan bantuan untuk melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan akibat polusi. Cara untuk membantu kulit anda tersebut didapatkan dengan menggunakan produk perawat kulit. Di pagi hari, oleskan krim mata yang mengandung antioksidan seperti vitamin B3, Vitamin C, serta ekstrak alga merah.

3. Kenakan kacamata

Kacamata Besar
Perbesar
Ilustrasi Kacamata Besar Credit: pexels.com/Karsten

Tak sekadar tampil modis, memakai kacamata ternyata juga bisa menjaga kulit tetap awet muda. Kian besar ukuran kacamatanya, maka akan semakin baik pula, sehingga area sekitar mata yang terlindungi lebih luas. Anda pun terhindar dari kebiasaan menyipitkan mata saat terkena cahaya, itu merupakan salah satu yang menyebabkan kerutan.

4. Gunakan retinol

Retinol telah lama diketahui sebagai bahan aktif dalam skincare yang sangat baik untuk anti-aging. Pada malam hari, retinol bekerja merangsang kolagen dan elastin di area mata yang sensitif ini. Anda kini bisa dengan mudah menjumpai produk-produk perawatan kulit dengan retinol di pasaran baik, buatan lokal maupun luar negeri.

 
 

5. Jangan berlebihan

Perawatan wajah
Perbesar
Ilustrasi skincare. (dok. unsplash.com/@curology)

Menggunakan produk perawatan kulit tentunya baik, tapi memakainya terlalu banyak malah mendatangkan masalah baru. Sebaiknya, mengoleskan krim mata tipis-tipis saja. Penggunan yang terlalu berat dapat menyebabkan iritasi dan bahkan mata menjadi bengkak di pagi harinya.

6. Gunakan masker mata

Saat ingin bersiap untuk suatu acara, masker mata akan membantu anda mendapatkan tampilan bawah mata yang segar secara instan. Cukup gunakan masker mata selama 10--20 menit, pastikan untuk tidak memakainya terlalu lama. Nantinya, bawah mata anda akan lebih siap untuk menerima riasan di atasnya.

7. Concealer

Memulaskan concealer adalah cara cepat untuk menyembunyikan kekurangan dan mencerahkan kulit bawah mata. Penata rias Ross Andrewartha, menyarankan memilih concealer dengan warna satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit anda.

"Dengan begitu, alas anda menutupi kegelapan dan kemudian concealer akan meratakan dan menambahkan cahaya ke wajah anda," kata Ross. (Jihan Karina Lasena)

 
 

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Perbesar
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓