Sukses

5 Perlengkapan yang Sebaiknya Dimiliki Para Ibu Menyusui, dari Inner hingga Cooler Bag

Para ibu menyusui sebaiknya menyiapkan sederet perlengkapan memadai agar proses pemberian ASI lebih nyaman dan maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu momen berkesan saat menjadi ibu adalah masa-masa menyusui. Lewat momen tersebut, ikatan antara ibu dan anak direkatkan. Tetapi, momen tersebut sebaiknya didukung dengan perlengkapan yang memadai agar lebih berkesan.

Ada sederet perlengkapan yang sebaiknya dimiliki ibu mengingat menyusui membutuhkan kondisi yang tenang dan nyaman. Bila dua faktor tersebut terpenuhi, kualitas ASI bisa optimal dan proses menyusui bisa berjalan lancar.

Lalu, apa saja yang diperlukan para ibu untuk mendukung proses menyusui? Simak rangkumannya berikut seperti dilansir Monomom dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

1. Inner Menyusui

Inner menyusui diperlukan terutama oleh para ibu bekerja dengan banyak rutinitas. Berbeda dengan inner atau dalaman biasa, dalaman pakaian ini didesain lebih longgar untuk membantu para ibu tetap berkegiatan sambil menyusui si kecil. Modelnya bisa dipilih antara tanpa lengan, lengan pendek, dan lengan panjang, untuk dipadukan dengan blazer atau outer lainnya.

Monomon mengeluarkan manset menyusui yang berbahan katun bambu. Material tersebut dipilih karena dinilai aman dan nyaman untuk kulit ibu sekaligus pipi si kecil saat menyusui.

2. Bra Menyusui

Bra menyusui menjadi salah satu item yang harus dimiliki ibu aktif yang sedang menyusui. Bra menyusui biasanya didesain khusus agar bisa menyangga payudaya ibu yang membesar sekaligus memudahkan ibu saat menyusui bayi. Anda bisa memilih bra yang terbuat dari microfiber yang lembut dan fleksibel agar juga mudah menyerap keringat dan cairan ASI. 

3. Nursing Cover

Nursing cover alias kain penutup penting dimiliki oleh ibu menyusui karena praktis dan bisa digunakan untuk menutupi payudara ketika sedang menyusui bayi di tempat umum. Pilihlah produk yang terbuat dari bahan katun lembut, tidak panas, dan ringan agar bayi tetap merasa nyaman saat harus ditutupi dengan nursing cover. Monomom mendesain nursing cover yang dilengkapi dengan kantung untuk menyimpan sehingga dapat dilipat dan disimpan rapi setelah digunakan.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Baju Menyusui

Tak kalah pentingnya adalah memilih atasan dan gaun menyusui yang nyaman dan aman mengingat metabolisme ibu dan bayi cukup tinggi dan bisa mudah berkeringat. Gaun menyusui biasanya dilengkapi bukaan pada bagian kanan dan kiri tersembunyi. Dengan begitu, dress tersebut bisa digunakan saat hamil, menyusui, maupun setelah selesai masa menyusui.

Baju menyusui harus dirawat agar terpakai lama. Cara yang direkomendasikan adalah mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci dengan air dingin agar baju tidak berkerut. Selain itu, pisahkan baju berwarna dengan baju putih agar tidak terkena lunturan. Tutup rapat resleting baju menyusui atau celana agar tidak rusak saat dicuci dengan mesin cuci.

Kaitkan pengait bra agar tidak menyangkut dengan pakaian lain saat dicuci. Saat menyetrika jangan lupa atur suhu yang sesuai agar pakaian tidak rusak.

5. Cooler Bag

Item lain yang tak kalah penting harus dimiliki para ibu menyusui adalah cooler bag. Fungsinya untuk menyimpan kantong ASI saat bepergian agar kondisinya tetap dalam keadaan baik. Disarankan menggunakan cooler bag yang memiliki insulator pada bagian dalamnya sehingga dapat menjaga suhu dan kualitas ASI. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Syarat-Syarat Calon Penerima Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.