Gaun-Gaun Rancangan Para Desainer Indonesia di Pentas Miss Universe 2020

Oleh Putu Elmira pada 19 Mei 2021, 10:01 WIB
Diperbarui 19 Mei 2021, 10:01 WIB
Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi
Perbesar
Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi di panggung kompetisi Miss Universe ke-69 di Seminole Hard Rock Hotel & Casino pada 16 Mei 2021 di Hollywood, Florida. (RODRIGO VARELA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sederet karya para desainer Indonesia telah berhasil menembus kancah dunia. Salah satunya adalah rancangan mereka yang dikenakan oleh Miss Universe hingga para kontestan Miss Universe 2020.

Sebut saja gaun mewah warna merah dengan detail penuh kilau yang dikenakan Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi di panggung kontes Miss Universe 2020. Gaun high neck dengan belahan di bagian tengah yang cukup tinggi itu adalah persembahan desainer Tex Saverio.

Pada akun Instagram terverifikasi, Tex Saverio membagikan cuplikan video saat Zozi berjalan ke panggung dalam balutan busana karyanya. "Miss Universe 2019 @zozitunzi in TEXSAVERIO Privé. Thank you, Queen Z! ❤" demikian keterangan dalam unggahan yang dibagikan pada Senin, 17 Mei 2021 itu.

Miss Universe Chile 2020 Daniela Nicolás
Perbesar
Miss Universe Chile 2020 Daniela Nicolás tampil dalam balutan gaun rancangan karya desainer Indonesia, ANAZ di Miss Universe 2020. (Tangkapan Layar Instagram YouTube Miss Universe)

Tak hanya gaun rancangan Tex yang melenggang di panggung kontes kecantikan sejagat ke-69 tersebut. Ada pula gaun-gaun lainnya yang merupakan rancangan desainer Indonesia, ANAZ.

Sebut saja gaun one off shoulder dengan sentuhan rumbai di satu sisi lengan dan dibalut nuansa silver yang berkilau. Gaun indah itu dikenakan oleh Miss Universe Chile 2020 Daniela Nicolás. Sang ratu kecantikan pun sempat mengunggah tampilannya itu di akun Instagram pribadinya.

Kala itu, ia merayakan pengikutnya di Instagram yang telah menembus 500 ribu followers. Perempuan berusia 28 tahun ini juga mengungkap tidak percaya telah mendapat banyak dukungan.

"Kami merayakannya dengan gambar ini dengan pakaian saya hari ini untuk wawancara dengan @telemundo yang dibuat oleh @anazofficial yang jenius yang terinspirasi oleh kampung halaman saya, Gurun Atacama," tulisnya.

Masih dari rancangan ANAZ, ia juga mempersembahkan gaun yang dikenakan oleh Miss Universe Korea 2020 Hari Park. Gaun malam bernuansa biru itu dipakai Hari di preliminary competition Miss Universe 2020.

Miss Universe Korea 2020 Hari Park
Perbesar
Miss Universe Korea Hari Park tampil dalam balutan gaun karya desainer Indonesia, ANAZ di Preliminary Competition Miss Universe 2020. (Tangkapan Layar Instagram YouTube Miss Universe)

Miss Universe Finlandia 2020

Miss Universe Finlandia 2020 Viivi Altonen
Perbesar
Miss Universe Finlandia 2020 Viivi Altonen tampil dalam balutan gaun karya desainer Indonesia, ANAZ di Preliminary Competition Miss Universe 2020. (Tangkapan Layar Instagram YouTube Miss Universe)

ANAZ turut merancang gaun malam untuk Miss Universe Finlandia 2020 Viivi Altonen. Detail dan pesan di balik gaun ini turut diungkap sang desainer.

"Gaun tersebut menggambarkan semangat SISU, karakter nasional Finlandia. SISU berarti kekuatan khusus, keteguhan hati dan keberanian untuk mengatasi saat kesulitan," bunyi keterangan itu.

Untuk detailnya, terdiri atas manik-manik dan kristal yang dibuat dengan tangan yang mewakili pola nordik dari Karelia Utara, di sisi timur atas Finlandia, tempat nenek dan asal Viivi, turut dipamerkan di sisi bagian atas gaun ini.

"Gelombang air di sisi gaun bagian bawah memamerkan daratan danau, mengungkap Finlandia yang memiliki 187.000 danau. Pancaran warna kuning menunjukkan bahwa Finlandia adalah negara paling bahagia di dunia," tambah keterangan itu.

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓