Ancol, Ragunan, dan TMII Kembali Buka 18 Mei 2021, Simak Ketentuan Masuknya

Oleh Putu Elmira pada 18 Mei 2021, 09:02 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 09:02 WIB
Tempat Wisata di Jakarta Bakal Ditutup Saat PSBB
Perbesar
Pengunjung menikmati suasana Pantai Ancol, Jakarta, menjelang berlakunya PSBB, Sabtu (12/9/2020). Pemprov DKI berencana menutup sejumlah tempat rekreasi di antaranya Ancol, Ragunan, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah saat PSBB total pada 14 September mendatang. (Liputan6.com/Herman Zaharia)

Liputan6.com, Jakarta - Destinasi wisata Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan kembali membuka pintu bagi wisatawan Selasa (18/5/2021). Sebelumnya, Ragunan dan TMII tutup sementara 16--17 Mei 2021 dan Ancol tutup 15--17 Mei 2021.

Penutupan kunjungan wisata di Ancol, Ragunan, dan TMII dilaksanakan guna menguatkan penerapan protokol kesehatan. Kebijakan ini juga berdasarkan Surat dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta No. 1790/-1.858.2.

Buka kembali hari ini, Selasa (18/5/2021), pengunjung wajib membeli tiket rekreasi secara online di situs www.ancol.com dan/atau partner resmi. Pembelian tiket paling lambat satu hari sebelum kunjungan rekreasi, pengelola tidak lagi melayani pembelian tiket pada hari H atau di loket. Jam operasional pantai mulai dari 06.00--21.00 WIB, sedangkan untuk unit rekreasi lainnya mulai pukul 10.00--17.00 WIB.

Melalui unggahan di akun resmi Taman Impian Jaya Ancol pada Senin, 17 Mei 2021, juga disampaikan terkait pengunjung yang sudah refund dan ingin membatalkannya. Pengunjung dapat menghubungi customer service Goers di goers.co/batalrefundancol dengan menginfokan email dan nomor pesanan yang sebelumnya diinput di form refund.

Batas maksimal pengajuan pembatalan refund paling lambat Selasa (18/5/2021) pukul 13.00 WIB (bila melewati batas waktu maksimal refund akan terproses). Bila sudah dibatalkan untuk refund, tiket dapat dijadwalkan ulang hingga 31 Desember 2021 dan mendapat tiket apresiasi sesuai ketentuan.

Selain Ancol, TMII dibuka kembali hari ini dengan kapasitas 30 persen atau 18 ribu pengunjung. Untuk masuk TMII, pengunjung dapat membeli tiket online di ticket.tamanmini.com dengan memilih kunjungan rekreasi.

2 dari 4 halaman

Taman Margasatwa Ragunan

Ragunan Masih Ditutup untuk Pengunjung
Perbesar
Susana pintu depan Ragunan yang tutup di Jakarta, Senin (25/5/2020). Pada musim libur lebaran Taman Margasatwa Ragunan yang biasa ramai pengunjung masih tutup karena masih dalam masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Taman Margasatwa Ragunan untuk sementara mulai 8--30 Mei 2021, kunjungan hanya bisa untuk warga yang memiliki KTP DKI Jakarta. Bagi pengunjung yang ingin ke Ragunan, dapat mendaftar secara online H-1 kunjungan di bit.ly/PesantiketTMR. Selain itu, ada beberapa panduan lain untuk berkunjung ke TMR, termasuk memasuki area TMR dan menempatkan kendaraan sesuai tempat yang telah ditetapkan.

Pengunjung juga harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh, menunjukkan bukti pendaftaran online kepada petugas di loket untuk verifikasi data pengunjung. Lalu, pengunjung membeli kartu perdana jakcard atau isi ulang saldo jakcard di loket pelayanan.

Pengunjung juga diimbau mencuci tangan pada tempat yang disediakan di pintu masuk dan membersihkan alas kaki dengan keset desinfektan yang telah disediakan. Juga, pengunjung tapping secara mandiri di gate dan masuk area Taman Margasatwa Ragunan dengan mengikuti petunjuk arah yang telah ditetapkan.

Selain panduan, pengunjung juga perlu mengetahui tata tertib kala berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan selama periode 8--30 Mei 2021. Pertama, pengunjung yang akan datang sudah mendaftar online.

Kedua, pengunjung berdomisili dan KTP DKI Jakarta. Tidak ada batasan usia dan diperbolehkan untuk ibu hamil. Ketiga, mengikuti pengecekan suhu badan sebelum masuk area TMR. Apabila suhu tubuh pengunjung lebih dari 37,5 derajat Celcius tidak diizinkan masuk ke area TMR, walaupun sudah mendaftar.

Keempat, jam operasional TMR setiap hari pada Selasa hingga Minggu, yakni pukul 07.00--14.00 WIB. Kelima, pengunjung mengikuti alur atau area tempuh yang ditetapkan dalam area TMR agar tidak terjadi penumpukan di satu tempat dan pengunjung diharapkan untuk selalu bergerak.

3 dari 4 halaman

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓