Buka Kembali 18 Mei 2021, Simak Syarat Berwisata ke Taman Nasional Kelimutu

Oleh Putu Elmira pada 18 Mei 2021, 03:03 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 03:03 WIB
Wisata Geopark
Perbesar
Foto: Taman Nasional Kelimutu (Liputan6.com/Dion)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Kelimutu siap kembali membuka pintu bagi wisatawan pada Selasa, 18 Mei 2021. Sebelumnya, destinasi wisata yang terletak di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini ditutup mulai 10--17 Mei 2021.

Namun sebelum kembali berwisata ke Taman Nasional Kelimutu, ada beberapa syarat yang penting diketahui wisatawan. Adapun keterangan ini turut dibagikan melalui infografis di akun Instagram resmi Taman Nasional Kelimutu pada Senin, 17 Mei 2021.

Pertama, pengunjung wajib mendaftarkan diri melalui WhatsApp booking online TN Kelimutu (0821-1010-3335). Kedua, booking online hanya dilayani pada jam kerja pukul 07.30--17.00 WITA setiap harinya.

Ketiga, pengunjung wajib booking online minimal satu hari sebelum kedatangan. Keempat, untuk menghindari penuhnya kuota wisata, diimbau agar booking online jauh hari sebelumnya, maksimal satu bulan sebelum kunjungan.

Kelima, booking online hanya dapat mendaftarkan lima orang dalam satu rombongan. Keenam, wajib mengisi data sesuai form yang telah tersedia.

Ketujuh, menunggu balasan konfirmasi pendaftaran dari admin. Kedelapan, pengunjung yang akan ke Taman Nasional Kelimutu menunjukkan konfirmasi booking dilengkapi kartu identitas saat membayar di loket.

2 dari 4 halaman

Pembatasan

Wisata  NTT
Perbesar
Air danau warna biru di Danau Kelimutu (Liputan6.com/Ola Keda)

Terakhir, pengunjung wajib mematuhi syarat dan kewajiban protokol new normal wisata alam TN Kelimutu. "Jumlah kuota pembookingan online juga dibatasi ya hanya diperbolehkan sebanyak 400 pengunjung," bunyi keterangan dalam unggahan itu.

"Bagi pengunjung yang tidak melakukan booking online maka tidak akan dilayani dan tidak diizinkan untuk masuk ke areal wisata Danau Kelimutu oleh petugas loket TN Kelimutu," lanjutnya.

Sebelumnya, Taman Nasional Kelimutu ditutup selama 10 hari. Penutupan ini guna menekan penyebaran Covid-19 di libur Lebaran 2021.

3 dari 4 halaman

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓