Sukses

Sederet Pencapaian Ayu Maulida hingga Melenggang ke Miss Universe 2020

Sebelum mewakili Indonesia di kontes kecantikan Miss Universe 2020, Ayu Maulida telah menorehkan berbagai pencapaian.

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan berprestasi nan menginspirasi, itulah sekiranya gambaran sosok Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida Putri. Ia baru saja tampil mewakili Indonesia di kontes kecantikan sejagat, Miss Universe 2020, yang digelar di Florida, Amerika Serikat, Minggu, 16 Mei 2021, waktu setempat.

Perempuan bernama lengkap Raden Roro Ayu Maulida Putri ini lahir di Jawa Timur dan menyelesaikan seluruh studinya di Kota Pahlawan. Setelah lulus dari bangku SMA, Ayuma, begitu ia akrab disapa, melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Airlangga pada 2015 dan lulus dengan predikat cum laude di tahun 2019.

Di sela menuntut ilmu, ia sempat didaulat jadi salah satu delegasi Tanah Air pada program pertukaran Model United Nations ke Seoul, Korea Selatan pada 2015. Ayuma juga aktif dalam kegiatan sosial di Senyum Desa melalui program mengajar di pelosok desa hingga mengedukasi hidup sehat.

Sementara itu, perjalanan kariernya di dunia modeling berlanjut saat perempuan berusia 23 tahun ini menyabet gelar Face of Indonesia 2019 yang digelar Indonesia Fashion Week 2019. Kala itu, ia memenangkan penghargaan Best Catwalk Female Model.

Pencapaian itu mengantarkan Ayuma kembali mewakili Indonesia berkompetisi di Face of Asia 2019. Di gelaran itu, ia dinobatkan sebagai Face of Asia dengan meraih Grand Prize Winner, gelar tertinggi di Asia Model Festival 2019 di Seoul, Korea Selatan.

Tak hanya itu, Ayu Maulida juga terjun ke kontes kecantikan, dan pernah mengikuti Puteri Indonesia Jawa Timur pada 2017. Namun sayang, kala itu, ia gagal melaju dan kontes dijuarai oleh Fatma Ayu Husnasari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Ikut Puteri Indonesia 2017

Semangatnya tak lantas pudar dan Ayu Maulida kembali mengikuti Puteri Indonesia 2020. Usaha dan perjuangannya berbuah manis dengan berhasil dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020 pada 6 Maret 2020. Kala itu, Ayuma juga menyabet Best in Traditional Costume dan runner-up kedua Best Evening Gown.

Yang teranyar, karena menyandang gelar Puteri Indonesia 2020, Ayuma mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020. Di perhelatan ke-69 ini, Ayuma berhasil masuk Top 21 bersama perwakilan dari Kolombia, Peru, Australia, Prancis, Myanmar, Jamaika, Meksiko, Republik Dominika, Amerika Serikat, Argentina, India, Curacao, Puerto Riko, Filipina, Brazil, Inggris Raya, Nikaragua, Thailand, Kosta Rika, dan Vietnam.

Namun, langkah Ayuma harus terhenti di 21 besar. Adapun Top 10 dari Miss Universe 2020 adalah perwakilan dari Jamaika, Republik Dominika, India, Peru, Australia, Puerto Riko, Thailand, Kosta Rika, Meksiko, dan Brasil. Andrea Meza, wakil Meksiko, berhasil dinobatkan sebagai Miss Universe 2020 mengungguli finalis dari Brasil, Peru, India, dan Republik Dominika.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.