Batal Buka Besok, Ancol Perpanjang Penutupan Sementara Hingga 17 Mei 2021

Oleh Komarudin pada 15 Mei 2021, 19:03 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 19:03 WIB
FOTO: Libur Lebaran di Pantai Karnaval Ancol
Perbesar
Pengunjung berenang di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Ancol. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol memperpanjang masa penutupan sementara hingga 17 Mei 2021. Sebelumnya diumumkan bahwa Ancol akan tutup satu hari, Sabtu (15/5/2021) dan akan buka kembali Minggu (16/5/2021).

Penutupan Ancol untuk sementara tersebut berdasarkan pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, maka penutupan kawasan Ancol diperpanjang mulai 15--17 Mei 2021.

“Kami memahami ketidaknyamanan dan kekecewaan pengunjung yang terpaksa mengurungkan niat menghabiskan masa libur Lebaran dikawasan Ancol karena adanya penutupan kawasan” ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (15/5/2021) sore.

Sahir menambahkan, dengan berat hati pihaknya terpaksa melakukan penutupan operasional kawasan wisata Ancol selama tiga hari. Ancol akan buka kembali pada 18 Mei 2021 melalui koordinasi dengan instansi terkait.

"Bagi pengunjung yang telah memiliki tiket online yang tidak dapat berekreasi selama penutupan Ancol dapat mempergunakannya sebanyak dua kali dan berlaku sampai 31 Desember 2021," tulis siaran pers tersebut.

2 dari 4 halaman

Alasan Penutupan

Cegah Virus Corona COVID-19, Ancol Ditutup Sementara
Perbesar
Petugas membersihkan pantai ancol yang sepi usai ditutup antisipasi COVID-19, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Selama masa penutupan, Taman Impian Jaya Ancol akan melakukan kegiatan overhaul seluruh wahana dan membersihkan fasilitas rekreasi dengan disinfektan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Manajemen Ancol lebih mengedepankan kepentingan masyarakat agar tetap aman, selamat, dan sehat selama libur Lebaran. Meski momen libur Lebaran yang sebetulnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bergembira dan bereaksi bersama terpaksa tertunda di kesempatan yang lain.

Manajemen Ancol menjelaskan, salah satu alasan diperpanjangnya masa penutupan tersebut adalah untuk memastikan kesiapan seluruh protokol kesehatan dapat dilterapkan dengan lebih baik. Selain itu, penyempurnaan SOP dan peningkatan fasilitas serta sarana prasarana yang ada di kawasan Ancol.

Pengunjung masih tetap melakukan wisata di kawasan pantai, tapi belum diizinkan untuk melakukan aktivitas berenang di pantai. Selain itu, akan lebih dipertegas penerapan pembatasan jaga jarak antarindividu dan atau keluarga.

3 dari 4 halaman

Pro-Kontra Perluasan Ancol

Infografis Pro-Kontra Perluasan Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Pro-Kontra Perluasan Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓