Sukses

Rencana Tes COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Darat yang Ingin Masuk Jabodetabek

Titik-titik tes COVID-19 ini akan tersedia bagi pelaku perjalanan darat mulai dari arah Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setyadi, mengusulkan agar warga yang hendak memasuki wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diwajibkan mengikuti tes COVID-19. Inisiasi ini menargetkan pengguna kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor, melansir laman Antara, Jumat (14/5/2021).

Dalam rencana skemanya, Budi mengatakan, pelaku perjalanan dari wilayah Lampung akan menjalani rapid test antigen di sekitar Pelabuhan Bakauheni. Kendati, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempertimbangkan melakukan tes cepat antigen di beberapa rest area sebelum wilayah Bakauheni.

Kemudian, bagi pengguna sepeda motor yang ingin masuk Jabodetabek dari arah Jawa Barat dan Jawa Tengah akan menjalani rapid test antigen di Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang; Pos Tegalgubug Susukan dari arah Palimanan menuju Jatibarang; juga di sekitar Indramayu menuju Jatibarang.

Sementara, pengguna kendaraan roda empat akan menjalani rapid test antigen yang lokasinya berada di sepanjang tol dari wilayah Jawa Timur sampai Jawa Barat. Lebih detail dijelaskan bahwa terdapat 21 titik tes COVID-19, yakni 13 lokasi di rest area dan lima lokasi di gerbang tol. Dari arah Merak akan tersedia dua lokasi rapid test antigen.

Kemenhub, kata Budi, sedang melakukan finalisasi dalam menentukan lokasi dan pelaksanaan teknis tes COVID-19 bagi pelaku perjalanan darat yang akan memasuki wilayah Jabodetabek. "Jadi, ini (menjalani rapid test antigen) akan jadi mandatory," tuturnya.

Budi menambahkan bahwa aturan tes COVID-19 ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dan Peraturan Menteri Perhubungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Acak Pengguna KRL

Di samping itu, berdasarkan laporan kanal Bisnis Liputan6.com, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku pengelola KRL Jabodetabek melakukan tes kesehatan acak, seperti RT-PCR dan rapid test antigen, di sejumlah titik rawan kepadatan.

Ia juga memprediksi bahwa 15 dan 16 Mei 2021 akan jadi puncak pergerakan mudik lokal dengan menggunakan KRL di Jabodetabek.

Menurut pantauan di Stasiun Manggarai, Jumat (14/5/2021), Menhub Budi menilai PT KCI belum bisa mengendalikan angka penumpang KRL pada H+1 Lebaran. Kesimpulan itu didapat setelah berdiskusi dengan sejumlah penumpang, serta melihat kepadatan di satu kereta hingga 70 orang lebih.

"Saya minta KCI lebih profesional lagi awasi pergerakan aglomerasi. Ini pelajaran mahal, banyak orang tak terkontrol. Sekali lagi saya minta KCI laksanakan lebih baik dan profesional," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Awas Lonjakan COVID-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.