Sukses

Di Balik Kostum Nasional Bertema Komodo yang Diboyong Ayu Maulida ke Panggung Miss Universe 2020

Kostum nasional Indonesia yang dipakai Ayu Maulida ke panggung Miss Universe 2020 melalui proses pembuatan luar biasa rumit, di mana terdapat aksen sisik dari lima ribu keping logam.

Liputan6.com, Jakarta - Dari serentetan agenda, peragaan kostum nasional selalu jadi salah satu sesi paling dinanti dalam penyelenggaraan Miss Universe 2020. Bersama finalis negara lain, wakil Indonesia, Ayu Maulida, telah memeragakan kostum nasional di atas panggung ajang kecantikan bergengsi itu, Kamis malam, 13 Mei 2021, waktu Amerika Serikat.

Jadi salah satu kostum nasional favorit Miss Universe 2018, Catriona Gray, Ayuma, sapaan akrab Ayu Maulida, memboyong kisah warisan prasejarah Indonesia, yakni komodo. Visualnya tentu bukan tanpa maksud.

Dalam unggahan di akun resmi Puteri Indonesia, Jumat (14/5/2021), dijelaskan bahwa kostum nasional ini merupakan kolaborasi apik desainer Diana M Putri dari Diana Couture & Accessories Designers, serta Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

"Dengan panjang mencapai 10 kaki (sekitar tiga meter) dan (berat) lebih dari 300 kilogram, komodo adalah kadal terberat di Bumi. Berasal dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia selama jutaan tahun, komodo sering disebut sebagai 'representasi terakhir Dinosaurus'," tulis pihaknya mengawali keterangan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Diana memilih dasar Sequin 3D Black and Gold untuk gaunnya. Aksen itu diklaim menciptakan efek mewah, penuh teka-teki, dan liar yang menyerupai komodo.

Potongan dada 3D dan ekor yang dramatis dibuat dengan pemotongan las kulit, serta diwarnai menggunakan metode khusus agar menyerupai reptil raksasa itu. Efek 3D pada ekor kemudian ditekankan dengan boning melalui balens.

Menambah efek elegan, korset busana ini digunakan untuk lebih mewakili sosok Ayuma. "Semua manik-manik dibuat dengan tangan, sementara semua pelat logam yang menyerupai timbangan dijahit dengan rumit, juga dengan tangan," sambungnya soal sentuhan kostum nasional Ayu Maulida.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kostum Mewah, namun Realistis

Sementara, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo memilih tiga jenis logam berbeda dalam pembuatan kostum nasional itu. Ketiganya terdiri dari warna rustic gold, bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombre pada gaun tersebut.

"Gaun tersebut terdiri dari lebih dari lima ribu keping logam unik untuk menciptakan pendekatan kostum paling mewah, namun realistis," papar mereka. Kendati, yang paling rumit adalah aspek mekatronika, di mana headpiece buatan tangan terhubung dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik, dan mikrokontroler.

Itu senada dengan kalung dan sarung tangan menyala yang dibuat dengan pengontrol LED. Gesture Ayuma saat merepresentasi kostum nasional itu juga menegaskan cerita yang ingin disampaikan lewat kostum nasional tersebut.

Ayuma masih punya sederet kegiatan yang dengan rutin ia abadikan melalui akun Instagram pribadi sampai nantinya malam puncak Miss Universe digelar pada Minggu, 16 Mei 2021, waktu Florida, Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.