Respons Miss Universe Kanada 2020 Setelah Diejek Ayam Gosong oleh Warganet

Oleh Henry pada 13 Mei 2021, 13:02 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 13:02 WIB
Miss Universe Kanada Tanggapi Ejekan Ayam Gosong dari Warganet
Perbesar
Miss Universe Kanada Nova Stevens Tanggapi Ejekan Ayam Gosong dari Warganet. (dok.Instagram @thenovastevens/https://www.instagram.com/p/COtH-xUMjI1/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Rasisme belakangan ini semakin menjadi-jadi, apalagi pada mereka yang memiliki warna kulit berbeda. Hal itu juga dialami Nova Stevens, perwakilan Miss Universe Kanada 2020 yang mengaku diperlakukan rasis di media sosial.

Dilansir dari Bulletin Manila dan CNN Philippines, Rabu, 12 Mei 2021, Nova yang sedang mengikuti karantina Miss Universe 2021 mengungkapkan banyak orang di dunia mata menghinanya karena warna kulitnya yang gelap.

Salah satu ejekan yang dilontarkan warganet adalah mengolok-olok tampilan warna kulit Nova seperti tampilan ayam gosong. Ada juga yang mencemooh penampilan visual Nova hangus karena dipanggang. Bahkan, ada warganet yang mengaku takut dengan dengan kulit hitam Nova yang membuat sang ratu kecantikan terkesan seperti bukan manusia.

Nova Stevens mengunggah beberapa tangkapan layar komentar-komentar itu di Instagram pada 11 Mei 2021. Menyikapi perundungan tentang warna kulitnya yang gelap, lewat akun Instagram pribadinya Nova mengungkapkan kekecewaannya dengan perlakuan jahat para warganet dari beberapa negara tersebut.

"Kebencian Anda menghilangkan kesenangan dan kenikmatan dari pengalaman sekali dalam seumur hidup ini. Apakah begitu sulit untuk menyebarkan cinta daripada kebencian?" tanya wanita berusia 26 tahun itu.

Meski sudah menjadi korban perundungan, Nova mengaku tidak mengeneralisasi bahwa perlakuan satu orang warganet dari negara tertentu berarti sama dengan warganet lainnya dari negara tersebut. Ia juga memastikan keadaan dirinya tetap baik-baik saja. 

2 dari 4 halaman

Momen Pembelajaran

Miss Universe Kanada Tanggapi Ejekan Ayam Gosong dari Warganet
Perbesar
Miss Universe Kanada Nova Stevens Tanggapi Ejekan Ayam Gosong dari Warganet. (dok.Instagram @thenovastevens/https://www.instagram.com/p/COdOw6GsM9n/Henry)

Nova mengatakan hal itu setelah beredar kabar kalau sebagian besar warganet yang merundungnya itu berasal dari Fiipina.

"Terima kasih atas komentar dan pesan yang baik. Saya baik-baik saja dan unggahan ini bukan generalisasi, karena itu saya mengatakan "beberapa". Saya tidak berpikir semua orang Filipina rasis, itu konyol untuk dikatakan," tulisnya di media sosial.

"Saya sangat menyadari ada beberapa negara yang berpikiran seperti ini. Saya membagikan ini sebagai momen pembelajaran sehingga kita bisa membuat ajang kontes kecantikan menyenangkan bagi semua," tutup Nova.

Nova Stevens akan berkompetisi bersama para peserta lainnya dalam kontes Miss Universe 2021 di Hollywood, Florida, Amerika Serikat, pada 16 Mei mendatang. Di ajang Miss Universe 2021, Indonesia diwakili oleh Rr Ayu Maulida Putri.

3 dari 4 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Perbesar
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓