6 Cara Mudah Membersihkan Karpet agar Terhindar dari Debu dan Kotoran

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2021, 05:03 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 05:03 WIB
Karpet
Perbesar
Ilustrasi karpet Photo by Sina Saadatmand on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Menghadirkan nuansa nyaman dalam hunian dapat ditempuh dengan beragam cara. Salah satunya dengan rajin membersihkan peralatan rumah tangga, seperti karpet yang ada di setiap ruangan rumah.

Cara tersebut tentunya dapat menghindari karpet dari debu dan kotoran yang menempel. Selain, itu membersihkan karpet juga memperpanjang umur karpet supaya tidak mudah rusak.

Lantas, bagaimana cara mudah membersihkan karpet? Simak rangkumannya seperti dilansir dari Dreamlands Design, Minggu, 9 Mei 2021, berikut ini.

1. Kosongkan ruangan

Cara pertama untuk membersihkan karpet adalah kosongkan ruangan, karena karpet membutuhkan ruangan besar sesuai ukuran karpet yang Anda miliki. Pindahkan benda-benda kecil dalam ruangan seperti meja, kursi, dan rak kecil. Setelah itu, bentangkan karpet Anda jangan sampai terkena benda-benda lain.

2. Menyedot debu

Sebelum memulai membersihkan karpet, alangkah baiknya untuk menyedot debu menggunakan vacuum cleaner. Hal tersebut untuk menghilangkan debu, kotoran dan bulu hewan peliharaan Anda. Jangan lupa untuk sekaligus membersihkan area yang jarang Anda bersihkan.

3. Bersihkan noda

Jika karpet Anda memiliki noda, jangan lupa untuk membersihkannya. Cara membersihkanya cukup mudah, yakni gunakan larutan pembersih khusus dan diamkan selama 15--20 menit. Kemudian, bersihkan menggunakan kain lembap atau spons, jangan digosok karena dapat merusak karpet.

2 dari 4 halaman

4. Gunakan alat pembersih karpet

[Fimela] karpet
Perbesar
Ilustrasi karpet | unsplash.com/@misterdoulou

Menggunakan alat uap dan larutan khusus untuk menghilangkan kotoran hingga ke dasar. Untuk larutan pembersih Anda bisa mencampurkan seperempat cangkir garam, cuka dan boraks. Setelah itu oleskan langsung kepada karpet. Anda juga bisa membersihkan karpet menggunakan alat portabel yang lebih terjangkau dan nyaman digunakan.

5. Cari alternatif lain

Apabila mengalami kendala dalam membersihkan karpet Anda yang menyebabkan perubahan warna atau pudar, coba untuk alternatif lain yang Anda bisa gunakan, seperti campurkan secangkir air panas dengan secangkir cuka. Bersihkan sebagian kecil bagian karpet agar kotoran dan noda hilang.

6. Diulang sampai bersih

Cara terbaik untuk membersihkan karpet adalah mulai dari sudut ujung ke ujung lainnya. Gunakan gerakan perlahan dan secara merata untuk membersihkan seluruh permukaan karpet. Jika Anda masih melihat kotoran atau noda, tunggu sampai mengering dan bersihkan untuk kedua kalinya. (Muhammad Thoifur)

 
3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓