Ingat, Candi Borobudur Ditutup Selama Libur Lebaran

Oleh Putu Elmira pada 10 Mei 2021, 11:01 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 11:01 WIB
Candi Borobudur
Perbesar
Stupa-stupa Budha terlihat di candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 10 Mei 2016. Menurut Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo untuk mengajukan arsip sebagai Memory of the World tidak bisa tunggal. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Liputan6.com, Jakarta - Satu per satu destinasi wisata di berbagai Tanah Air tutup menjelang libur Lebaran di tahun ini. Salah satunya adalah Taman Wisata Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Kabar tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi Pengelola Destinasi Pariwisata Taman Candi Borobudur, @borobudurpark, dalam unggahan yang dibagikan pada Minggu, 9 Mei 2021.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah No. 443.5/0007136 dan Surat Edaran Bupati Magelang No. 443.5/1729/01.01/2021, destinasi wisata wilayah Kabupaten Magelang ditutup sementara 8--17 Mei 2021.

Dalam SE Gubernur Jawa Tengah ini tertuang soal perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro, guna pengendalian penyebaran corona Covid-19 di Jawa Tengah. Perpanjangan ini berlaku dari 4--17 Mei 2021.

Satu poin terkait wisata di SE Gubernur Jawa Tengah, disebutkan dalam hal destinasi wisata yang berada dalam zona oranye dan zona merah, kegiatan masyarakat di destinasi wisata dilarang dan tempat wisata ditutup untuk umum.

Ini bukan kali pertama Candi Borobudur ditutup. Sebelumnya, destinasi wisata ini ditutup sementara pada 6--7 Februari 2021 dalam rangka mendukung program pemerintah Jawa Tengah dalam "Gerakan Jateng di Rumah Saja". Gerakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah No. 443.5/0001933.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tersertifikasi CHSE

Candi Borobudur
Perbesar
Gambar ini diambil pada 10 Mei 2016 menunjukkan matahari terbit di atas Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. (GOH CHAI HIN / AFP)

Ketika dibuka kembali pada 18 Mei 2021 mendatang, pengunjung tidak diperkenankan naik hingga menuju puncak. Kunjungan dibatasi hanya sampai halaman atau pelataran Candi Borobudur saja.

Sementara, masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 turut ditanggapi pelaku wisata dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Salah satunya adalah sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment), protokol standar yang harus diterapkan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Terkait hal tersebut, Taman Wisata Candi Borobudur, resmi memperoleh Sertifikasi CHSE. Sertifikasi tersebut diterima pada 19 November 2020 lalu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Candi Prambanan

Infografis Candi Prambanan
Perbesar
Infografis Candi Prambanan (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓