Cerita Anna Silvia, Pramugari Emirates yang Akan Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021

Oleh Henry pada 10 Mei 2021, 04:30 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 04:30 WIB
Cerita Anna Silvia, Pramugari Emitates Airlines yang Akan Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021
Perbesar
Cerita Anna Silvia, Pramugari Emitates Airlines yang Akan Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021. (dok.Instagram @anna.silviaa/https://www.instagram.com/p/CJyZi9rHbhC/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Cerita inspiratif bisa datang dari siapa saja, termasuk dari wanita asal Menangan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah bernama Anna Silvia. Ia bisa keliling dunia karena setelah bekerja sebagai pramugari di maskapai penerabangan Emirates Airline. Sebelumnya, wanita kelahiran 15 Juni 1993 ini harus melewati jalan berliku.

Ia bahkan sempat tak yakin bisa mewujudkan mimpinya itu. Menurutnya, saat itu mimpi ke luar negeri itu terasa mustahil karena di lingkungannya, seorang wanita harus segera menikah. Selain itu, keluarga Anna yang super religius juga menjadi tantangan tersendiri.

"Dari awal ke luar negeri saya bangun dari nol dan saya membiayai diri sendiri. Meskipun keluarga saya terbilang mampu. Mimpi saya adalah tanggung jawab saya. Saya tidak ingin jadi beban, saya memutuskan mencari beasiswa sejak masih kuliah," terang Anna dalam surat elektronik pada Liputan6.com, Minggu 9 Mei 2021.

Saat kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Anna bisa mengunjungi dua kota di tiga negara berbeda, yakni Napoli di Italia dan Istanbul di Turki, karena mengikuti program pertukaran pelajar, AISEC. Keinginannya untuk menjadi pramugari semakin besar. Ia kemudian mendaftar dan diterima jadi pramugari Qatar Airways pada 2017. Anna kemudian mencari peluang lain dan mendapat informasi Emirates Airline.

Anna Silvia
Perbesar
Anna Silvia. foto: dok.pribadi

"Waktu itu ada open recruitment di Jakarta, cukup terkejut dengan jumlah peserta yang mencapai 2.000-an orang dari seluruh dunia. Hanya empat orang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan yang diterima Emirates Airline. Saya termasuk yang terpilih berangkat ke Dubai," kenangnya.

Uniknya, Anna pernah gagal lolos tes serupa di maskapai penerbangan ternama di Indonesia karena merasa kurang persiapan. Lalu, apa kiatnya bisa terpilih dan kemudian tinggal di Dubai yang ternyata sudah menjadi impiannya sejak lama?

"Kiatnya jadi diri sendiri dan mempersiapkan sebaik mungkin dengan belajar dari Youtube atau media sosial yang dibagikan oleh awak kabin senior. Selain itu saya yakin membantu pelamar lain adalah kunci besar kesuksesan saya. Jika kita membantu orang lain, Tuhan pun akan membantu kita," ungkap wanita berdarah Timur Tengah ini.

Meski sudah mendapatkan impiannya, Anna Silvia tak mau cepat berpuas diri. Ia tertarik untuk mewakili Indonesia untuk mengikuti kontes kecantikan Miss Elite World 2021.

2 dari 4 halaman

Jangan Takut Bermimpi

Cerita Anna Silvia, Pramugari Emitates Airlines yang Akan Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021
Perbesar
Cerita Anna Silvia, Pramugari Emitates Airlines yang Akan Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021. foto: dok.pribadi

"Kebetulan teman dekat saya itu runner up Miss Europe 2020, Anna Maria yang juga mewakili Rumania di Miss Elite World nanti. Anna yang meyakinkan saya untuk mendaftar di Miss Eliter World," terangnya.

Anna Silvia akan mewakili Indonesia di kontes yang akan digelar di Mesir pada 29 Mei 2021 tersebut. Ia sudah melakukan persiapan secara fisik dan mental, di antaranya dengan mengikuti pageant training dengan professional pageant teacher dari Filipina.

Anna juga sering berkonsultasi dengan runner up Miss Europe 2020 yang sudah berkecimpung di dunia pageant terlebih dahulu. Anna pun mendapatkan cuti dari tempatnya bekerja sehingga bisa mengikuti proses karantina dari 20 Mei 2021 sampai 29 Mei 2021.

Ia juga sudah menyiapkan kostum nasional yang bertemakan "The Beauty of Borneo' karya desainer Rory Wardhana Poesponingrat yang juga berasal dari Solo.

Di ajang Miss Eliter World 2021, Anna mengaku tidak punya target tertentu. Ia hanya berharap bisa menjadi role model untuk para wanita di Indonesia untuk tidak pernah takut bermimpi. "Kalau menurut saya, orang yang kalah bukanlah orang yang tidak menjadi juara, tapi orang yang terlalu takut kalah sehingga tidak berani untuk mencoba," pungkas Anna Silvia.

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓