Sukses

5 Tips Mempermanis Tampilan Ruang untuk Silaturahmi Lebaran Online

Meski berjauh-jauhan secara fisik, Anda bisa tetap menampilkan yang terbaik dalam silaturahmi lebaran online dengan menata ulang ruangan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak mudik Lebaran dianggap lebih baik lantaran situasi pandemi Covid-19 dan angka kasus positif masih naik turun. Namun, hal itu bukan berarti Anda benar-benar tak bisa bersilaturahmi. Masih ada kesempatan bertatap muka secara online lewat gawai pintar Anda.

Meski hanya lewat layar, Anda tentu ingin momen silaturahmi Lebaran tahun ini berkesan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memperbarui suasana ruangan agar lebih apik saat berbincang dengan sanak keluarga. Bukan hanya Anda yang akan betah di rumah, keluarga jauh Anda pun akan terhibur dengan tampilan background yang menarik.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan tanpa bujet terlalu besar? Simak tips yang dibagikan Interior Communication Manager Dekoruma, Kania Bunga Wraspati, dalam jumpa virtual Media Workshop Tokopedia ‘Inspirasi dan Tips Dekorasi Rumah Sambut Silaturahmi Virtual', beberapa waktu lalu.

1. Pilah-pilih Barang

Menurut Kania, tak hanya hati yang harus bersih menyambut Idul Fitri, kondisi rumah pun harus resok. Maka, decluttering adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Kita bisa memilah-milah barang mana yang akan tetap kita pakai dan yang tidak terpakai. Barang yang tidak terpakai pun bisa dipilah lagi antara disimpan, dijual, disumbangkan, atau dibuang. 

Decluttering tidak hanya akan membuat rumah lebih apik, tetapi juga Anda melapangkan ruang di rumah. Bonusnya, Anda juga bisa dapat tambahan uang bila barang tak terpakai laku terjual. Kalau pun akan disumbangkan, pastikan barang yang diberikan adalah benar-benar layak pakai.

"Bisa dimulai dari area kamar tidur, pindah ke ruang makan, ruang keluarga, sampai ke gudang. Sebaiknya difokuskan ke satu area dulu, sampai kelar, jangan menclak-menclok," saran Kania.

 

Jangan lupa untuk mengorganisir barang-barang yang sudah dirapikan. Lebih baik disimpan per kategori dan dilabeli agar ketika mencari barang yang dibutuhkan, kita tak pusing lagi.

2. Pilih Spot Terbaik di Rumah

Menentukan spot terbaik di rumah untuk silaturahmi virtual cukup mudah. Yang terpenting areanya cukup luas dan pencahayaannya memadai. Umumnya pilihan yang tersedia antara ruang keluarga atau ruang makan. Lebih baik lagi bila pencahayaannya berasal dari cahaya alami. Dengan begitu, Anda bisa menghemat bujet.

Bila silaturahmi berlangsung malam hari, Anda bisa menggunakan pencahayaan buatan. Bisa tempatkan lampu berdiri atau lampu gantung. Fungsinya ganda, memberikan pencahayaan sekaligus dekorasi ruangan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menata Ulang Perabot

Setelah menentukan ruangan yang akan digunakan untuk silaturahmi virtual, saatnya menyegarkan suasana ruangan. Menata ulang posisi perabot terbilang cara yang paling mudah. Menurut Kania, Anda tidak perlu keluar ruang untuk itu.

"Kenapa me-relayout penting? Dengan pindahkan barang-barang, kita bisa bersihkan area yang tidak terjamah," kata Kania.

Penataan ulang perabot juga bisa membuat ruang terkesan lebih lega sekaligus membereskan barang-barang tidak terpakai. Memindahkan sofa, meja, atau barang-barang besar lainnya sangat berdampak dalam memberikan suasana baru.

"Saat dipindahkan, lindungi lantai. Jangan didorong karena bisa scratch. Kan sekarang ada alat bantu untuk pindah-pindahin barang. Kemudian, perhatikan stop kontak saat memindahkan barang. Kalau jauh kan repot nantinya karena kan virtual," imbuh dia.

4. Mengubah Warna Dinding

Penentuan warna cat dinding baru akan lebih mudah kalau Anda memiliki tujuan sejak awal, seperti ingin membuat ruangan lebih terang, atau lebih hangat, atau lebih segar. Kalau ingin memberi kesan lebih luas tapi tak mau cat putih, Anda bisa beralih ke abu-abu muda atau biru terang.

Cocokkan juga warna dinding dengan gaya furnitur di rumah. Warna hangat, kata Kania, cocok untuk semua tipe ruang. Tapi kalau mau fresh, Anda bisa menambahkan motif pada salah satu dinding di rumah. Pilih motif sederhana saja agar tidak terlalu ramai dengan warna berdekatan.

"Ini bisa dijadikan background virtual kita," ujarnya.

5. Menambahkan Dekorasi

Supaya terasa 'festive', Anda bisa bermain-main dengan bingkai atau rak penyimpanan. Di dalam bingkai bisa diselipkan foto keluarga atau tulisan-tulisan menarik.

Dekorasi lainnya adalah dengan mengganti pernak-pernik di rumah, misal warna bantal sofa, gelas yang dipakai sehari-hari, hingga penempatan bunga segar. Bunga segar yang disarankannya adalah sedap malam dan anggrek yang ditempatkan sebagai center point atau di pojok-pojok rumah. Anda juga bisa menambahkan difuser bila malas membeli bunga segar.

"Lumayan impactful karena saya biasanya beli bunga sedap malam. Selain wangi, tampilannya juga cantik," imbuhnya.peletakan bunga, bisa jadi center piece, tengah ruangan, di tengah meja makan, di living room di offee table, atau bisa di pojok2.bisa kita isi dg bunga2 terseut

3 dari 3 halaman

Tren Hantaran Lebaran Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.