Trik Pelaku UMKM Maksimalkan Penjualan Selama Shopee Big Ramadan Sale 2021

Oleh Asnida Riani pada 07 Mei 2021, 20:01 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 20:01 WIB
Ilustrasi belanja online
Perbesar
Ilustrasi belanja online (Foto: unsplash.com/ raw pixel)

Liputan6.com, Jakarta - Jadi wadah bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjaga keberlangsungan bisnis, Shopee Indonesia menginisiasi kampanye Big Ramadan Sale 2021 yang puncaknya berlangsung pada 23 April, 30 April, dan 5 Mei. Pada periode itu, lebih dari 130 juta produk UMKM dilaporkan terjual.

Memaksimalkan penjualan, owner Alfargalery, Astri Mutiara Rizki, mengatakan bahwa pihaknya tidak semata mengandalkan promosi harga. UMKM fesyen itu juga menggunakan berbagai fitur di e-commerce platform untuk memperkenalkan produk mereka.

"Kami live streaming, memanfaatkan gim, voucer toko, dan ikut flash sale, semua fitur dimanfaatkan untuk menarik minat pembeli," katanya dalam jumpa pers virtual, Jumat (7/5/2021).

Ia mengatakan bahwa selama puncak kampanye tersebut, gamis dan hijab jadi produk yang paling laris dibeli para konsumen. "Semua yang mengarah ke kebutuhan Lebaran. Jadi, walau Idulfitri masih akan tetap di rumah, minat publik (akan barang bernuansa Lebaran) tidak berkurang," imbuhnya.

Tren ini juga dicatat pihak Shopee Indonesia, di mana kategori Souvenir, Pakaian Muslim, serta Pakaian Bayi dan Anak menempati "peluang baik" bagi perkembangan bisnis UMKM. Souvenir, sambung pihaknya, memperlihatkan peningkatan penjualan lebih dari tiga kali lipat.

Konsumen memanfaatkan kategori ini untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah dan keperluan pengiriman parsel Lebaran. Sementara, di kategori Pakaian Muslim serta Pakaian Bayi dan Anak, pasmina plisket, baju koko, dan gamis anak jadi produk paling dicari.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berbagi Kebaikan di Momen Ramadan

Shopee Indonesia
Perbesar
Virtual media gathering Raih Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale 2021, 7 Mei 2021. (dok. tangkapan layar YouTube)

Selain jadi wadah bisnis UMKM, melalui program "Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee," pihaknya telah mengumpulkan total Rp1.128.461.180 zakat dan donasi sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga 5 Mei 2021.

Shopee berkolaborasi mendistribusikan dana tersebut pada mustahik bersama berbagai mitra lembaga antara lain Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim, dan Nu Care Lazisnu.

Melalui program "Pemberdayaan Ekonomi UMKM," Shopee dan ShopeePay juga bekerja sama dengan Rumah Zakat menyalurkan sebagian total donasi untuk pelaku UMKM. Pemberiannya dilakukan dalam bentuk pendanaan atau modal usaha, pendampingan, dan edukasi wirausaha. 

"Hasil donasi melalui Shopee kami salurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se-Indonesia," ucap Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat.

Kendati puncaknya sudah lewat, Anda masih bisa menikmati kampanye Big Ramadan Sale 2021 hingga 11 Mei dengan ragam penawaran, seperti diskon 50 persen pada 9 Mei dan diskon sampai 95 persen untuk Produk Digital pada 8 Mei.

Kesempatan untuk berbagi kebaikan secara digital, seperti zakat dan donasi, juga masih bisa dilakukan hingga 13 Mei 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Waspada Penipuan Online Shop via Medsos

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos
Perbesar
Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya