Sukses

Trik Pelaku UMKM Maksimalkan Penjualan Selama Shopee Big Ramadan Sale 2021

Puncak Shopee Big Ramadan Sale 2021 telah terselenggara pada 23 April, 30 April, dan 5 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Jadi wadah bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjaga keberlangsungan bisnis, Shopee Indonesia menginisiasi kampanye Big Ramadan Sale 2021 yang puncaknya berlangsung pada 23 April, 30 April, dan 5 Mei. Pada periode itu, lebih dari 130 juta produk UMKM dilaporkan terjual.

Memaksimalkan penjualan, owner Alfargalery, Astri Mutiara Rizki, mengatakan bahwa pihaknya tidak semata mengandalkan promosi harga. UMKM fesyen itu juga menggunakan berbagai fitur di e-commerce platform untuk memperkenalkan produk mereka.

"Kami live streaming, memanfaatkan gim, voucer toko, dan ikut flash sale, semua fitur dimanfaatkan untuk menarik minat pembeli," katanya dalam jumpa pers virtual, Jumat (7/5/2021).

Ia mengatakan bahwa selama puncak kampanye tersebut, gamis dan hijab jadi produk yang paling laris dibeli para konsumen. "Semua yang mengarah ke kebutuhan Lebaran. Jadi, walau Idulfitri masih akan tetap di rumah, minat publik (akan barang bernuansa Lebaran) tidak berkurang," imbuhnya.

Tren ini juga dicatat pihak Shopee Indonesia, di mana kategori Souvenir, Pakaian Muslim, serta Pakaian Bayi dan Anak menempati "peluang baik" bagi perkembangan bisnis UMKM. Souvenir, sambung pihaknya, memperlihatkan peningkatan penjualan lebih dari tiga kali lipat.

Konsumen memanfaatkan kategori ini untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah dan keperluan pengiriman parsel Lebaran. Sementara, di kategori Pakaian Muslim serta Pakaian Bayi dan Anak, pasmina plisket, baju koko, dan gamis anak jadi produk paling dicari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Kebaikan di Momen Ramadan

Selain jadi wadah bisnis UMKM, melalui program "Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee," pihaknya telah mengumpulkan total Rp1.128.461.180 zakat dan donasi sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga 5 Mei 2021.

Shopee berkolaborasi mendistribusikan dana tersebut pada mustahik bersama berbagai mitra lembaga antara lain Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim, dan Nu Care Lazisnu.

Melalui program "Pemberdayaan Ekonomi UMKM," Shopee dan ShopeePay juga bekerja sama dengan Rumah Zakat menyalurkan sebagian total donasi untuk pelaku UMKM. Pemberiannya dilakukan dalam bentuk pendanaan atau modal usaha, pendampingan, dan edukasi wirausaha. 

"Hasil donasi melalui Shopee kami salurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se-Indonesia," ucap Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat.

Kendati puncaknya sudah lewat, Anda masih bisa menikmati kampanye Big Ramadan Sale 2021 hingga 11 Mei dengan ragam penawaran, seperti diskon 50 persen pada 9 Mei dan diskon sampai 95 persen untuk Produk Digital pada 8 Mei.

Kesempatan untuk berbagi kebaikan secara digital, seperti zakat dan donasi, juga masih bisa dilakukan hingga 13 Mei 2021.

3 dari 3 halaman

Waspada Penipuan Online Shop via Medsos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.