6 Kasus Foto dan Video Vulgar Para Model Asing di Negara Mayoritas Penduduk Muslim

Oleh Henry pada 07 Mei 2021, 13:02 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 13:02 WIB
[Bintang] Turki dan Berbagai Tempat Wisata yang Wajib untuk Kamu Kunjungi
Perbesar
Bukan hanya Cappadocia, inilah berbagai tempat yang wajib kamu datengin saat liburan ke Turki. (Foto: Imgur)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini beredar sebuah rekaman video yang memperlihatkan sekelompok wanita berpakaian minim, bahkan sebagian ada yang bugil, berfoto satu sama lain di sebuah kapal pesiar. Video tersebut akhirnya viral setelah diberitakan oleh media Turki .

The Lider Gazete, media yang berbasis di pantai selatan Turki, melaporkan pada 4 Mei 2021, video tersebut diambil di dekat provinsi Mugla, seberang Pulau Rhodes Yunani yang bersejarah. Penduduk setempat dilaporkan melihat dua pria dan enam wanita ambil bagian dalam sesi foto vulgar itu. Mereka dikabarkan telah ditahan oleh pihak berwenang atas foto vulgar yang membuat marah banyak orang.

"Melihat gambar seperti ini selama masa lockdown dan selama bulan suci Ramadhan , menyebabkan kemarahan yang besar," ucap seorang warga setempat, seperti dilansir dari Russia Today, Kamis, 6 Mei 2021.

Menjalani pemotretan atau merekam gambar yang terkesan vulgar atau tak senonoh di tempat umum di negara yang mayoritasnya muslim sudah beberapa kali terjadi. Ada yang mendapat sanksi dan ada juga yang mendapat kecaman, terutama di media sosial.

Dilansir dari beragam sumber, ada beberapa kasus serupa yang terjadi negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, termasuk di Indonesia. Berikut rangkumannya.

1. Video Vulgar di Turki

Seorang wanita asal Ukraina yang terlibat dalam insiden video vulgar di Turki, telah berbicara tentang kejadian tersebut di media sosial. Dia mengklaim kalau video itu diambil dari kapal pesiar lain dan polisi hanya terlibat setelah protes publik.

Menurutnya, ia dan para model lainnya ditelanjangi tanpa menyadari kalau mereka sedang difilmkan dari jauh. Dia menambahkan bahwa mereka telah dibebaskan oleh polisi setelah memberikan pernyataan. Keenam wanita dalam video tersebut ternyata semuanya berasal dari Ukraina dan kini sudah kembali negara mereka.

Seorang model lainnya mengaku mereka telah membuat kesalahan karena membuat foto-foto dan video vulgar di Turki yang merupakan negara muslim sehingga harus berurusan dengan pihak berwajib. Ia senang sekarang sudah bebas tapi saat diinterogasi oleh polisi setempat bukanlah pengalaman menyenangkan baginya dan berharap tak akan terulang lagi.

2. Foto Telanjang di Dubai

Pada awal April lalu, sekelompok wanita menghebohkan warga dan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) karena berpose telanjang di balkon gedung pencakar langit di Dubai. Sebagian besar dari mereka ternyata berasal dari Ukraina. Gedung tersebut berada di kawasan Marina Dubai.

Sebelas wanita asal Ukraina dan seorang pria Rusia itu ditangkap oleh pihak kepolisian Kota Dubai setelah aksi tersebut. Selain hukuman penjara, mereka yang terlibat dalam aksi tersebut akan menghadapi denda sekitar 1.000 pound sterling atau setara Rp20 juta karena telah melanggar undang-undang kesusilaan publik di UEA.

2 dari 5 halaman

3. Foto Bugil di Hagia Sophia

Marisa Papen (Mathias Lambrecht/ marisapapen.com)
Perbesar
Marisa Papen (Mathias Lambrecht/ marisapapen.com)

Model majalah Playboy, Marisa Papen, didakwa atas tuduhan perbuatan cabul dan menghina simbol negara karena berfoto telanjang di depan Hagia Sophia, Istanbul, Turki. Dia menghadapi hukuman penjara tujuh tahun.

Marisa juga berfoto bugil dengan berpose tidur di atas bendera Turki dengan latar belakang pemandangan alam. Seperti diberitakan The Sun, jaksa Turki menuduh wanita asal Belgia itu menghina simbol negara dan menyebut foto itu sebagai tindakan menyeramkan dan cabul.

Aksi Marisa itu dilakukan pada 2019 saat Hagia Sophia masih menjadi museum, sebelum diubah kembali sebagai masjid. Aksi kontroversial Marisa bukan itu saja. Pada 2018, dia juga pernah membuat masalah dengan berpose bugil di depan Vatikan. Dia juga memicu kemarahan karena berpose telanjang di dekat tempat ibadah Yahudi, Tembok Ratapan Yerusalem.

4. Foto Tanpa Baju di Padang Pasir Dubai

Seorang model asal Brasil bernama Luana Sandien sempat bikin heboh pada Januari lalu, karena berfoto tanpa mengenakan pakaian bagian atas dan hanya menutup sebagian payudara dengan tangannya. Foto tersebut diambil saat ia berada di padang pasir Dubai. Ia hanya memakai rok panjang berbelahan tinggi dan keffiyeh.

Foto yang diunggah ke Instagram Luana ini pun menuai kritikan keras. Luana disebut tidak menghormati aturan di UEA , yaitu para turis tidak boleh melepaskan busananya di depan publik, termasuk juga saat berjemur. Kalau terbukti melanggar, bisa dihukum penjara.Namun, Luana menolak meminta maaf dan mengaku vdeio tersebut tidak dibuat untuk menghina atau mencemarkan pemandangan padang pasir Dubai.

3 dari 5 halaman

5. Foto Tak Senonoh di Maladewa

Polisi Masih Mencari Turis Asing Pelaku Video Mesum di Gunung Batur Bali
Perbesar
Veronika Troshina yang diduga Pelaku Video Mesum di Gunung Batur Bali. foto: TikTok @mihanika3

Peristiwa serupa juga pernah terjadi di Maladewa yang mayoritas penduduknya muslim. Dilansir dari The Sun, seorang influencer asal Inggris, Georgia Steel, mengunggah foto topless dan hanya memakai bikini brief saat berwisata di Maldives pada Januari lalu. Hal itu memicu kemarahan warga setempat.

"Mungkin terkesan aneh bagi orang-orang dari Barat, tapi datang ke sini dan gagal mematuhi hukum serta adat istiadat negara membuat kami merasa terhina," ucap seorang masyarakat Maladewa kepada The Sun.

Hal ini juga sempat dibahas oleh Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris. Pihaknya menyatakan bahwa Maladewa adalah negara Muslim sehingga melanggar hukum yang berlaku di sana, termasuk telanjang dan berjemur tanpa busana, bisa mendapatkan hukuman penjara. Georgia sudah kembali ke Inggris, tapi belum diketahui apakah tuntutan terhadap dirinya akan berlanjut atau tidak.

6. Video Seks di Bali

Kasus foto atau video vulgar juga pernah terjadi di Indonesia, tepatnya di Bali. Pada akhir April lalu, sepasang wisatawan asing merekan adegan mesum di kawasan Gunung Batur Kintamani Bangli, Bali, padahal kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan suci bagi umat Hindu.

Di dalam video tersebut, sang wanita melihat pemandangan alam bebas di sekitar puncak Gunung Batur. Ia kemudian melakukan seks oral pada pria yang merekam. Setelah itu, ia kembali mengambil gambar suasana alam di bawah gunung.Video tersebut sempat beredar luas di dunia maya sebelum kemUdian dihapus.

Turis asing tersebut diyakini berasal dari Rusia dan masih diburu pihak berwajib. Sang wanita diduga bernama Veronika Troshina, seorang aktris porno. Troshina dan pasangannya bisa menghadapi hukuman dua tahun delapan bulan penjara karena perilaku tidak senonoh di tempat umum.

4 dari 5 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓