Raditya Dika Lengkapi Rumahnya dengan Fasilitas Mewah Seperti di Mal

Oleh Liputan6.com pada 06 Mei 2021, 04:03 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 09:46 WIB
Rumah Raditya Dika
Perbesar
Potret ruangan kamar tidur utama di rumah Raditya Dika menggunakan AC Central (Tangkapan Layar YouTube Raditya Dika/Muhammad Thoifur)

Liputan6.com, Jakarta - Raditya Dika termasuk selebritas yang rajin membagikan aktivitasnya di kanal YouTube-nya. Lelaki yang akrab disapa Radit mengunggah video tentang rumah miliknya yang dilengkapi fasilitas mewah seperti di mal, pada Selasa, 4 Mei 2021.

Dalam video tersebut, Radit terlihat menambahkan fasilitas rumahnya berupa AC sentral yang digunakan beberapa pusat perbelanjaan. Penulis buku Kambing Jantan itu menggunakan pendingin ruangan seperti itu karena keingintahuannya ketika waktu kecil.

"Jadi, waktu kecil suka bingung kenapa mal itu dingin padahal AC-nya tidak kelihatan, saya dikasih tau ternyata itu namanya AC central. Selanjutnya, saya jadi punya cita-cita kalau misalkan punya rumah saya ingin AC-nya seperti itu," kata Radit dalam video tersebut yang berdurasi 15 menit 37 detik.

Dalam mewujudkan salah satu cita-citanya, Radit dan perusahaan Jepang bekerja sama dalam merenovasi rumahnya dengan melengkapi fasilitas AC central. Selanjutnya, Radit menunjukkan detail proses memasang pendingin ruangan tersebut di rumahnya pada beberapa bulan lalu.

William, spesial AC Central dari Daikin, menjelaskan mulai dari pertama unitnya itu berbentuk kotak besar. Kotak besar itu kemudian diletakkan di atas plafon. Selain itu, terdapat jalur ducting yang berperan saluran angin di AC.

Keunggulan dari adanya pendingin ruangan tersebut suhu di ruangan akan tetap terjaga dan merata. Radit juga menyukainya karena lebih rapi dan tidak melihat ada AC di dinding ruangan rumahnya.

"Itu betul, secara desain memang bagus dan sangat fleksibel bisa dipasang di mana saja," kata William. Pendingin ruangan tersebut terlihat dipasang, mulai dari area ruangan hingga kamar tidur.

 

2 dari 4 halaman

Gunakan Telepon Seluler

Raditya Dika
Perbesar
Potret Raditya Dika sedang berbincang dengan William mengenai AC Central (Tangkapan Layar YouTube Raditya Dika/Muhammad Thoifur)

Radit memberitahu yang paling menarik menggunakan pendingin ruangan terpusat ini dapat dikontrol melalui telepon seluler. "Jadi, bisa memakai handphone untuk menyalakan dan mematikan, bahkan mendingkan ruangan itu bisa," kata Radit.

Hal tersebut dibenarkan oleh William yang menangani pemasangan pendingin ruangan di rumah Radit. Ia menjelaskan untuk sistem AC central ini bisa dilihat dan dikontrol melalui ponsel pintar yang sudah dikoneksi oleh jaringan WiFi.

Terlihat tipe AC Central yang dipasang di rumah Radit adalah tipe dumping untuk indoor dengan sistem VRV HS dan Super Multi Nx. "Sitem ini di mana satu outdoor nantinya bisa konek 14 indoor, selian itu dapat menghemat tempat dan praktis," jelas William. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Bantuan DP Rumah Pekerja Informal

Infografis Bantuan DP Rumah Pekerja Informal
Perbesar
Infografis Bantuan DP Rumah Pekerja Informal
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓