Sukses

Perempuan Melahirkan di Tengah Penerbangan, Akta Kelahiran Bayinya Dipertanyakan

Seorang perempuan melahirkan di dalam pesawat saat hendak ke Hawaii. Ia dibantu tenaga medis yang ada di dalam pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus seorang penumpang melahirkan dalam pesawat kembali terjadi. Seorang perempuan bernama Lavinia Mounga melahirkan di dalam pesawat penerbangan menuju Hawaii, Amerika Serikat, baru-baru ini. Momen dramatis itu direkam dalam video TikTok yang kemudian viral.

Bayi itu lahir dalam penerbangan Delta Air Lines dari Salt Lake City ke Honolulu pada Rabu pekan lalu. Delta mengonfirmasi kepada Fox News bahwa seorang bayi lahir di salah satu penerbangannya, tetapi tidak ada detail lain yang tersedia.

Video yang telah ditonton lebih dari 9,2 juta kali itu diunggah oleh Julia Hansen pada Jumat, 30 April 2021. "Seorang bayi baru saja lahir di pesawat ini," katanya seperti melansir dari laman Fox News.

Para penumpang sempat bertepuk tangan dan menyelamati perempuan itu. Seorang awak kabin melalui interkom meminta agar penumpang tetap duduk hanya beberapa menit agar penumpang dapat mencari bantuan medis.

Menurut Hansen, pesawat itu mendarat tiga jam kemudian. Saat Mounga didorong dari pesawat dengan kursi roda, penumpang terus bertepuk tangan dan memberi selamat padanya dan bayinya. Hansen tidak menunjukkan wajah perempuan atau bayinya di klip itu.

Mounga sangat beruntung karena kebetulan ada beberapa penumpang di pesawat yang merupakan tenaga medis, yaitu Dr. Dale Glenn, seorang dokter pengobatan keluarga di Hawaii Pacific Health, serta perawat NICU Lani Bamfield, Amanda Beeding dan Mimi Ho.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teka-teki Status Kewarganegaraan

Dalam sebuah komentar setelah mengunggah video tersebut, Hansen menulis bahwa ibu dan bayi itu dalam keadaan sangat sehat. Seorang warganet menulis bahwa sang ibu menghemat banyak biaya rumah sakit dengan melahirkan di pesawat.

Banyak pemberi komentar lainnya berfokus pada apa arti situasi tersebut bagi kewarganegaraan dan catatan kelahiran bayi tersebut. Bayi yang lahir di pesawat di atas wilayah udara AS akan dianggap sebagai warga negara AS.

Namun, akta kelahiran bayi bisa jadi sedikit lebih rumit. Sertifikat itu bisa didaftarkan di negara tempat bayi itu lahir, atau di lokasi tempat bayi itu turun.

3 dari 3 halaman

Aroma dan Sentuhan Terbaik saat Bayi Mandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.